Saturday, 22 Muharram 1441 / 21 September 2019

Saturday, 22 Muharram 1441 / 21 September 2019

Transjakarta Alihkan Rute Hindari Unjuk Rasa Hari Ini

Rabu 21 Aug 2019 13:35 WIB

Rep: Amri Amrullah/ Red: Friska Yolanda

Suasana skybridge penghubung Stasiun LRT Jakarta Veldrome-Halte Transjakarta Pemuda di kawasan Rawamangun, Jakarta, Jumat (26/7).

Suasana skybridge penghubung Stasiun LRT Jakarta Veldrome-Halte Transjakarta Pemuda di kawasan Rawamangun, Jakarta, Jumat (26/7).

Foto: Republika/Prayogi
Sejumlah Transjakarta dialihkan dan diperpendek rutenya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada Rabu (21/8) siang, beberapa ruas jalan mengalami kemacetan karena adanya unjuk rasa beberapa massa buruh di ibu kota Jakarta. Akibatnya beberapa rute Transjakarta harus dialihkan ke beberapa ruas jalur yang lain.

Kadiv Sekretaris Korporasi Transjakarta, Nadia D menginformasikan pengalihan rute Transjakarta pada Rabu (21/8) siang ini. Pertama, ujar Nadia, Koridor 1: Blok M-Kota mengalami pengalihan rute terkait adanya massa di sekitar Patung Kuda.

"Untuk sementara tidak melewati Halte Bank Indonesia dan Halte Monas berlaku kedua arah," sebut Nadia.

Kemudian, rute 1P: Bundaran Senayan-Senen sementara mengalami pengalihan rute terkait adanya massa di kawasan Patung Kuda. "Untuk sementara tidak melewati bus stop IRTI s/d Tugu Tani 1," kata dia.

Palayanan Bus Gratis (Bundaran Senayan-Harmoni), aksi unjuk rasa di depan gedung Balaikota, maka untuk armada GR-1 dari bus stop Monas-3 lurus langsung bus stop BI. Adapun Bus Stop Yg Tidak Pelayanan adalah ialah Balaikota dan STO PLN.

Kemudian, papar dia, rute GR1: Harmoni-Bundaran Senayan sementara mengalami pengalihan rute terkait adanya massa di kawasan Patung Kuda. "Untuk sementara tidak melewati bus stop Balaikota dan bus stop PLN," terangnya.

Pengalihan rute lain, papar Nadia, ada pada Koridor 2: Harmoni-Pulogadung sementara mengalami pengalihan rute terkait adanya massa di kawasan Patung Kuda. Untuk sementara tidak melewati Halte Balaikota dan Gambir 2.

Kemudian, rute 5A: Kampung Melayu-Grogol mengalami pengalihan rute terkait adanya massa di kawasan Patung Kuda. Untuk sementara tidak melewati Halte Monas berlaku kedua arah.

Pengalihan dilanjutkan ke rute 6A: Ragunan-Monas mengalami perpendekan rute menjadi Ragunan-Bank Indonesia terkait adanya massa di kawasan Patung Kuda. Sedangkan, rute 6A: Ragunan-Monas via Kuningan mengalami perpendekan rute menjadi Ragunan-Bank Indonesia terkait adanya massa di kawasan Patung Kuda. Dan rute 6B: Ragunan-Monas via Semanggi mengalami perpendekan rute menjadi Ragunan-Bank Indonesia terkait adanya massa di kawasan Patung Kuda.

Pengalihan juga terjadi di rute 7F: Harmoni-Kampung Rambutan mengalami pengalihan rute terkait adanya massa di kawasan Patung Kuda. Untuk sementara tidak melewati Halte Monas sampai Gambir 2.

Akibat unjuk rasa dan pengalihan arus Transjakarta ini, sejak Rabu siang beberapa jalan utama di Jakarta Pusat mengalami kemacetan padat. Beberapa ruas di sekitar lapangan banteng hingga Juanda mengalami kemacetan cukup padat hingga di persimpangan Harmoni. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA