Monday, 13 Sya'ban 1441 / 06 April 2020

Monday, 13 Sya'ban 1441 / 06 April 2020

Honeywell Luncurkan Teknologi Kota Cerdas

Kamis 22 Aug 2019 15:33 WIB

Red: EH Ismail

Diskusi tentang ibu kota berbasis smart city di UI Depok

Diskusi tentang ibu kota berbasis smart city di UI Depok

Foto: Humas UI
Honeywell Building Technologies siap membantu RI mewujudkan ibu kota baru yang cerdas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Meledaknya urbanisasi di penjuru dunia membawa tantangan baru agar keselamatan, kenyamanan, dan keamanan penduduk tetap terjaga. Honeywell Building Technologies menghadirkan solusi dan teknologi yang terbukti mampu membantu banyak kota-kota di dunia untuk menyelesaikan permasalahan urban.

Permasalahan itu semisal manajemen energi, ketaatan hukum, ketertiban dan keamanan, serta pengelolaan air, limbah, lalu lintas, dan masyarakat, Perangkat lunak-keras, serta analitik data yang dihadirkan oleh Honeywell mampu membentuk pengembangan kota cerdas. 

Pemikiran tersebut dibahas dalam forum diskusi terbuka tentang perencanaan dan pembangunan ibu kota negara berbasis smart city di Universitas Indonesia. Pembicara utama pada acara tersebut adalah Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro yang berbicara tentang rencana pemerintah Indonesia untuk membangun ibu kota baru di Kalimantan.

Juga turut berbicara di dalam forum, Roy Kosasih, Presiden Direktur Honeywell Indonesia, “Teknologi Smart City dapat membantu menciptakan ibu kota baru yang bersahaja dan berkelanjutan bagi lingkungan dan masyarakat serta menciptakan ekosistim yang produktif, hingga bisa bukan saja menjadi kebanggaan nasional namun juga menjadi kota yang patut dicontoh di ASEAN.”

Menurut McKinsey, perkembangan kota-kota di Asia Tenggara adalah yang terpesat di dunia. Pada tahun 2030, diperkirakan 90 juta orang akan pindah ke kota-kota di seluruh ASEAN. Angka itu adalah dua setengah kali lebih dari tingkat pertumbuhan populasi ASEAN.

Honeywell membantu beberapa kota pintar yang memiliki pertumbuhan pesat dengan teknologi internet of things (IoT). IoT digunakan untuk mengatasi berbagai tantangan seperti meningkatkan keamanan, manajemen lalu lintas, dan pemantauan kerumunan hingga keselamatan pejalan kaki.

Kota-kota tersebut adalah: Ibukota Administratif Kairo Baru di Mesir; Kota dan negara bagian India seperti Bhubaneshwar, Aurangadbad, Madhya Pradesh, Ujjain, Rajkot, Faridabad, dan Ranchi; dan kemitraan dengan Smartworld untuk mendukung pemerintah Uni Emirat Arab dalam pengembangan kota yang lebih cerdas.

Membludaknya populasi di kota-kota pasti berdampak terhadap ekonomi, lingkungan, dan energi. Hal ini membutuhkan teknologi terhubung yang lebih cerdas agar kualitas hidup warga bisa ditingkatkan.

Kota pintar dibangun diatas fondasi teknologi terhubung dan IoT. Teknologi perangkat lunak canggih seperti analitik dan manajemen video, sistim identifikasi plat nomor, pelacakan dan pemantauan asset dengan GPS, sensor suhu, dan sistem pengenalan wajah adalah beberapa cara untuk membuat kota lebih pintar, lebih aman, dan nyaman. Teknologi-teknologi tersebut membantu memecahkan masalah perkotaan sehari-hari seperti parkir liar, manajemen lalu lintas, pemantauan kerumunan, keselamatan pejalan kaki, dan pencegahan kejahatan: semua bertujuan untuk meningkatkan standar hidup masyarakat.

Teknologi yang tepat akan membawa manfaat bagi pemerintah kota. “Ini termasuk manajemen energi yang lebih baik dan lebih efisien, peningkatan keselamatan public dengan respon darurat yang lebih cepat dan lebih akurat, manajemen lalu lintas dan transportasi yang lebih efisien dan efektif – yang kita tahu sangat penting untuk kota-kota di seluruh Indonesia – dan manajemen air dan listrik yang sangat efisien dan efektif, termasuk pengelolaan air bersih, kotor dan limbah, dan manajemen penerangan jalan," kata Roy Kosasih.

Honeywell memegang peran penting sebagai mitra dalam rencana nasional 100 Kota Pintar Pemerintah India untuk penerapan sistem keamanan dan pengawasan seluruh kota yang didukung IoT, termasuk pemasangan kamera pemantau, solusi tanggap darurat, sistim pendeteksi plat nomor kendaraan, dan teknologi manajemen lalu lintas yang cerdas di beberapa kota besar dan kecil di seluruh negeri. Sensor-sensor yang dipasang menangkap data, menganalisanya, dan mengubahnya menjadi informasi untuk membantu pemerintah dan semua pihak terkait untuk mencapai beragam tujuan Kota Cerdas.

Honeywell Building Technologies siap membantu Pemerintah Indonesia dalam mewujudkan ibu kota baru yang cerdas. Hal itu dilakukan dengan teknologi yang tepat, dibarengi dengan pengalaman global yang teruji.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA