Thursday, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Thursday, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Jokowi: Pemblokiran Data Telekomunikasi demi Kebaikan

Kamis 22 Aug 2019 18:49 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ratna Puspita

Joko Widodo

Joko Widodo

Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Pemerintah memblokir sementara layanan data telekomunikasi di Papua dan Papua Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemblokiran sementara layanan data telekomunikasi di Papua dan Papua Barat untuk kebaikan bersama. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melakukan pemblokiran sementara mulai Rabu (21/8) hingga saat ini. 

"Ya itu semuanya untuk kepentingan, kebaikan kita bersama," ujar Jokowi saat memberikan pernyataan pers di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (22/8).

Baca Juga

Sebelumnya, Kemenkominfo melakukan pemblokiran data telekomunikasi setelah berkoordinasi dengan aparat penegak hukum dan instansi terkait guna mempercepat proses pemulihan situasi keamanan dan ketertiban di Papua dan sekitarnya. “Pemblokiran berlaku hingga suasana Tanah Papua kembali kondusif dan normal,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas Kemenkominfo, Ferdinandus Setu, dikutip dari laman setkab.

Kemenkominfo melakukan pelambatan akses atau bandwidth di beberapa wilayah Papua Barat dan Papua di mana terjadi aksi massa pada Senin (19/8), seperti Manokwari, Jayapura dan beberapa tempat lain. “Kemkominfo imbau masyarakat untuk tidak menyebarkan hoaks, disinformasi, ujaran kebencian berbasis SARA yang dapat membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia,” ujar dia. 

photo

Sejumlah massa yang tergabung dalam Mahasiswa Papua Anti-Rasisme, Kapitalisme, Kolonialisme dan Militerisme menggelar unjuk rasa di Jalan Merdeka Utara, Jakarta, Kamis (22/8). (Republika/Putra M Akbar)

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA