Jumat, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Jumat, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Nasdem: BPJS Kesehatan Jangan Pasif Tagih Tunggakan

Kamis 22 Agu 2019 18:26 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Ratna Puspita

 Irma Suryani Chaniago

Irma Suryani Chaniago

Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Irma menilai selama ini BPJS tidak jemput bola dan hanya bergantung pada pemerintah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi IX DPR irma suryani chaniago mengomentari terkait keluhan Menteri Keuangan Sri Mulyani terkait defisit yang kerap dialami Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Irma meminta agar BPJS lebih aktif dalam menagih pembayaran yang menunggak. 

Baca Juga

"Saya setuju dengan Menkeu, memang BPJS selama ini tidak jemput bola, mereka hanya bergantung pada pemerintah, harusnya mereka turun ke bawah, jangan pasif dalam menyelesaikan defisit," kata Irma kepada Republika, Kamis (22/8).

Politikus partai nasdem itu mengaku dirinya tak melihat kegigihan BPJS dalam melihat penambahan peserta maupun dalam menagih tunggakan. Terkait perlu tidaknya ada perombakan dalam kepengurusan bpjs kesehatan dirombak, ia menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden.

"Karena mereka di bawah komando presiden langsung," ujarnya.

Ia pun berharap agar BPJS Kesehatan segera melakukan investigasi secara menyeluruh. Selain itu ia juga meminta agar BPJS Kesehatan membenahi faktor-faktor penting yang menyebabkan defisit.

"Untuk menghindari klaim RS yang tidak sesuai harusnya BPJS memperbarui sistem IT mereka, sehingga klaim yang tidak sesuai langsung ditolak oleh sistem, misalnya, tiap tagihan layanan  hrs ditanda tangani oleh pasien," tuturnya. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA