Sunday, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 February 2020

Sunday, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 February 2020

Menelusuri Jejak Presiden di Museum Perpustakaan Nasional

Rabu 31 Jul 2019 08:00 WIB

Rep: mgrol123/ Red: Agung Sasongko

Danang Purboyo

Danang Purboyo

Foto: Dok Danang Purboyo
Beberapa foto kegiatan presiden ditampilkan dalam bentuk kumpulan galeri foto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama periode kabinet kerja 2014-2019, banyak sekali kegiatan yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo. Semisal, kunjungan kerja di beberapa daerah dan inspeksi terhadap infrastruktur yang akan dibangun.

Lantaran banyak kegiatan yang dilakukan, beberapa foto kegiatan presiden ditampilkan dalam bentuk kumpulan galeri foto. Kumpulan foto tersebut di tata di dalam beberapa bagian di setiap sudut museum perpustakaan nasional yang terletak di Jakarta Pusat.

photo
Presiden Joko widodo Bersama Raja Salman

Gedung ini dahulunya adalah perpustakaan milik pemerintahan Hindia Belanda yang dibangun pada tahun 1916. Sekarang menjadi museum yang menampilkan barang barang masa lalu milik perpustakaan Belanda dan beberapa arsip sekaligus galeri foto. Beberapa contoh foto yang menarik dalam galeri adalah seperti foto Presiden Jokowi bersama Raja Salman, dan foto Presiden Jokowi bersama beberapa mantan Presiden Republik Indonesia.

Foto yang pertama, saat Presiden Jokowi menerima kunjungan Raja Arab Saudi, Raja Salman. Di foto tersebut, terlihat Jokowi sedang mengendarai mobil golf bersama Raja Salman, Raja Arab Saudi masa kini. Foto tersebut di abadikan pada bulan Maret 2017 sebagaimana Raja Salman bin Abdul Aziz Al-Saud mengunjungi Indonesia yang sebenarnya dari  tanggal 1-9 Maret 2017 walaupun akhirnya diperpanjang menjadi sampai 12 Maret 2017.

Di foto tersebut, Pak Jokowi yang menyetir mobil golf sedang memakai batik lengan panjang, peci hitam dan celana panjang bahan berwarna hitam sementara Raja Salman memakai sorban Arab dengan motif merah putih kotak kotak ditambah dengan memakai baju gamis putih. Karenanya, momen foto memperlihatlam kedua pemimpin negara tersebut memakai atribut kenegaraan mereka sebagai bukti identitas bangsa. Foto Presiden Jokowi bersama Raja Salman mempunyai latar belakang mengenai rencana kerja-sama Indonesia dan Arab Saudi di masa depannya. Salah satunya adalah tentang investasi

Foto yang kedua adalah foto Presiden jokowi bersama para mantan presiden Republik Indonesia yang masih hidup seperti B.J Habibie, Susilo Bambang Yudhoyono dan Megawati Soekarnoputri. Sebenarnya di foto tersebut Pak Jokowi tidak hanya bersama para mantan presiden tapi juga bersama ibu negara, iriana Joko Widodo, Mufidah Jusuf Kalla, dan almarhumah Ibu Ani Yudhoyono. Foto tersebut diabadikan pada tanggal 17 Agustus 2017 pada saat hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang ke 72.

photo
Presiden Joko Widodo bersama Presiden RI sebelumnya,

Momen tersebut diambil pada saat diadakannya upacara peringatan hari kemerdekaan di Istana Negara, Jakarta Pusat. Menariknya, di foto tersebut para mantan presiden dan pendampingnya memakai pakaian adat dari beragam daerah di Indonesia. dari foto ini, adalah sebuah indikasi betapa kayanya budaya yang dimiliki oleh Indonesia. Selain itu, adalah sebuah ide brilian  yang diusung oleh Presiden Jokowi yaitu menggunakan busana adat dari beragam  daerah sehingga ini bisa meningkatkan rasa nasionalisme dan peduli terhadap budaya Indonesia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA