Sunday, 5 Sya'ban 1441 / 29 March 2020

Sunday, 5 Sya'ban 1441 / 29 March 2020

Sandiaga Uno Ajak Masyarakat Dinginkan Suasana Terkait UAS

Jumat 23 Aug 2019 13:48 WIB

Rep: Nawir Arsyad Akbar / Red: Nashih Nashrullah

Mantan Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menjadi pembicara dalam sebuah forum diskusi di Rumah Joang 45, Menteng, Jakarta, Kamis (22/8).

Mantan Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menjadi pembicara dalam sebuah forum diskusi di Rumah Joang 45, Menteng, Jakarta, Kamis (22/8).

Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Sandiaga Uno meminta masyarakat tak terprovokasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Mantan wakil gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meminta semua pihak tak terlalu memperkeruh suasana, terkait polemik cerama Ustaz Abdul Somad (UAS). Dia lebih mengimbau semua pihak untuk mengutamakan persatuan bangsa. 

Baca Juga

"Saya ingin kita sejukkan suasana, janganlah kita terlalu membesar-besarkan, mari kita terus merajut tenun kebangsaan kita," ujar Sandi di Gedung Joang 45, Menteng, Jakarta, Kamis (22/8).  

Dia enggan mengomentari lebih jauh polemik video ceramah dari UAS, yang direkam di Masjid Agung An-Nur, Pekanbaru, Riau itu. Mantan calon wakil presiden itu menyerahkan segala persoalan tersebut kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI).  

"Saya tidak berkompeten untuk berkomentar tentang Ustaz Abdul Somad, ini sangat seorang yang harus sadar terhadap kemampuannnya. Saya tidak memiliki kemampuan untuk berkomentar mengenai topik yang diangkat," ujar Sandi.  

Sebelumnya, MUI Pusat telah mengundang Ustaz Abdul Somad untuk menyampaikan keterangan dan pendapat mengenai tudingan-tudingan yang dialamatkan kepadanya. 

Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri, Kiai Muhyiddin telah mengatakan, pimpinan MUI Pusat merasa perlu mengundang Ustaz Abdul Somad ke kantor MUI di Jalan Proklamasi 51 Nomor 6, Jakarta, untuk mengetahui secara jelas apa yang sebenarnya terjadi. Dengan begitu, MUI Pusat tidak hanya mendapat informasi dari video yang sudah diviralkan orang.  

Adapun Ketua MUI Bidang Infokom, Masduki Baidowi, meminta umat Islam menahan diri dan tidak terpancing atas fenomena yang terjadi saat ini. Terutama terhadap pihak-pihak yang melaporkan Ustaz Abdul Somad ke pihak kepolisian.  

"Kita harus tenang, dewasa menyelesaikan masalah ini dan kita juga harus mengedepankan semangat mencari solusi agar negara ini tidak dihebohkan," ujar Masduki.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA