Senin, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

Senin, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

Curug Pelangi, Objek Favorit Swafoto Milenial

Ahad 25 Agu 2019 00:31 WIB

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

Objek wisata Curug Pelangi kian menjadi tempat favorit milenial

CISARUA, AYOBANDUNG.COM—Objek wisata Curug Pelangi kian menjadi tempat favorit milenial menjalani libur akhir pekan. Wisata air terjun setinggi 72 meter itu dibalut hijaunya panorama sekitar yang memanjakan pengunjung berswafoto. 

Curug Pelangi terletak di Jalan Kolonel Masturi No 325 Kertawangi, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Berada pada ketinggian 1050 meter di atas permukaan laut, objek wisata milik Perhutani KPH Bandung Utara ini menawarkan wisata suasana sejuk dan instagramable.

Petugas Wisata Perhutani, Yopi Nugraha, mengatakan, seiring perubahan minat wisatawan,  pengelola melakukan beberapa inovasi terhadap Curug Pelangi, salah satunya spot swafoto dengan latar air terjun.

"Awalnya tidak ada menara pandang, kini ada dua selfie deck yang bisa digunakan untuk memandang air terjun atau berswafoto dengan latar Curug Pelangi,"ungkap Yopi kepada Ayobandung.com, Sabtu (24/8/2019).

Tak hanya bisa dinikmati saat siang, saat matahari mulai tenggelam pengunjung masih bisa menikmati air terjun berwarna pelangi. Sentuhan apik lampu laser di belakang jatuhnya air terjun menciptakan destinasi wisata malam penuh warna.

AYO BACA : Curug Koja, Wisata Alam Instagramable di Tasikmalaya

"Mulai jam 17.00 WIB, lampu latar air terjun dinyalakan. Curug Pelangi bisa dilihat siang dan malam," katanya.

Dari angka kunjungan, terang Yopi, sehari rerata pengunjung mencapai 100 orang pada hari kerja dan tiga kali lipat pada akhir pekan. Selain wisatawan domestik, pengunjung juga banyak datang dari mancanegara seperti Timur Tengah.

"Memang trennya mulai didominasi milenial, kurang lebih 70 persen yang datang itu wisatawan usia muda," jelasnya.

Untuk sampai ke dasar air terjun, dari pos tiket pengunjung harus menuruni 587 anak tangga dengan kemiringan sekitar 45 derajat. Dibutuhkan kondisi fisik yang prima dan tips khusus agar pengunjung tak lelah dan sesak.

Namun tak perlu khawatir, pengelola juga telah merancang beberapa tempat istirahat dan toilet di antara ratusan anak tangga tersebut.

AYO BACA : Curug Ngebul Objek Wisata Favorit Baru di Jabar

Terdapat dua menara pandang pada anak tangga ke-100 dan 200 yang juga bisa digunakan rehat sambil memandang utuh curug pelangi. Kemudian gazebo dan toilet juga sudah siap tersedia.

"Saat masuk kami beri tips saat menaiki tangga, disarankan setelah menaiki 10 anak tangga pengunjung istirahat sejenak kemudian melanjutkan perjalanan," katanya.

Keseruan berwisata ke Curug Pelangi tak cukup dengan memandang dan menghirup udara segar saja, di sini pengunjung juga dapat bercengkrama dengan binatang liar jenis monyet ekor panjang.

Ada sekitar 200 ekor monyet yang biasa bertengger pada pohon sepanjang anak tangga yang dilintasi pengunjung. 

"Ya, di sini juga habitat monyet ekor panjang, tetapi mereka terbilang jinak tidak mengganggu pengunjung," ungkapnya.

Untuk masuk ke objek wisata legendaris ini, wisatawan domestik cukup merogoh kocek Rp20.000 sementara turis mancanegara dipatok Rp30.000. Pengelola juga sudah menyediakan fasilitas umum yang nyaman seperti musala, toilet, dan kantin.

AYO BACA : Sensasi Relaksasi Gemericik di Curug Cipeteuy Majalengka

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA