Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Kapolda Sumbar Jamin Rasa Aman untuk Mahasiswa Papua

Sabtu 24 Aug 2019 18:49 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Andi Nur Aminah

Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal

Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal

Foto: Febrian Fachri/Republika
Warga Sumbar adalah masyarakat yang toleran terhadap keragaman suku, agama dan budaya

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Sumatra Barat (Sumbar) Irjen Pol Fakhrizal menjamin keamanan dan kenyamanan buat mahasiswa Papua yang sedang menempuh pendidikan di berbagai kampus di Sumbar. Fakhrizal mengatakan sudah mengundang para mahasiswa asal Papua untuk membuat para pelajar tersebut tidak perlu risau selama berada di Provinsi Ranah Minang.

Baca Juga

"Kita sudah kumpulkan adek-adek kita dari Papua. Alhamdulillah di tempat kita tidak ada masalah, mereka nyaman di Sumbar," kata Fakhrizal, di Kelurahan Batu Gadang, Kota Padang, Sabtu (24/8).

Fakhrizal juga memastikan tidak ada tindakan rasisme selama ini terhadap mahasiswa Papua yang berada di Sumbar. Fakhrizal menyebut masyarakat Sumbar adalah masyarakat yang toleran terhadap keragaman suku, agama dan budaya.

Dalam pertemuan bersama mahasiswa Papua yang telah berlangsung beberapa waktu lalu itu, Polda Sumbar memastikan para mahasiswa tidak terpancing dan terpengaruh atas kejadian di Surabaya hingga Manokwari Papua.

Sebelum itu jajaran Polres Kota Padang juga telah melakukah pertemuan dengan perwakilan Ikatan Mahasiswa Papua Sumbar di Mapolresta Padang, pada Rabu (21/8). Para mahasiswa berjumlah delapan orang tersebut ketika itu disambut Kapolresta Padang Kombes Pol Yulmar Try Himawan.

Usai pertemuan dengan Polresta, perwakilan mahasiswa Papua memastikan bahwa kondisi mereka dalam keadaan baik dan tidak ada mendapat intimidasi dari suku pribumi. Mereka juga mengajak seluruh mahasiswa Papua yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia untuk tetap menjaga jiwa nasionalisme dan menjunjung tinggi keberagaman.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA