Sunday, 23 Muharram 1441 / 22 September 2019

Sunday, 23 Muharram 1441 / 22 September 2019

Gunung Tangkuban Perahu Terus Menerus Erupsi

Ahad 25 Aug 2019 11:28 WIB

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Indira Rezkisari

Aktivitas vulkanik Gunung Tangkuban Perahu, Sabtu (3/8).

Aktivitas vulkanik Gunung Tangkuban Perahu, Sabtu (3/8).

Foto: Republika/Edi Yusuf
Sejak dini hari aktivitas vulkanik Tangkuban Perahu masih tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, LEMBANG -- Satu bulan berjalan sejak Juli (26/7) hingga Ahad (25/8), kawah Ratu Gunung Tangkuban Perahu terus menerus mengeluarkan erupsi dan asap putih. Selain itu, aktivitas vulkanologi saat ini masih berada di level II alias waspada, Ahad (25/8).

Baca Juga

Kepala Bidang (Kabid) Mitigasi Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana, Geologi (PVMBG), Hendra Gunawan mengungkapkan sejak dini hari hingga pukul 06.00 WIB aktivitas vulkanik masih tinggi. Selain itu terjadi erupsi terus menerus.

"Asap kawah berwarna putih dengan intensitas tebal dan tinggi. Ketinggian 200 meter dari dasar kawah. Erupsi menerus dengan tinggi kolom abu 15 meter dari dasar kawah," ujarnya.

Dia menambahkan, tremor pun terus menerus terjadi dengan amplitudo dominan 20 mm. Pihaknya mengimbau masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Perahu tidak mendekati kawah yang ada di puncak gunung dalam radius 1,5 km dari kawah aktif.

Selain itu katanya, Kawasan Taman Wisata Alam Tangkuban Parahu direkomendasikan untuk sementara ditutup sampai jarak aman di atas. Kemudian masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Parahu diharap tenang, beraktivitas seperti biasa dan tidak terpancing isu-isu tentang letusan.

Sebelumnya, erupsi Gunung Tangkuban Perahu terjadi Jumat (26/7) lalu. Kemudian sempat berhenti dan aktivitas taman wisata kembali dibuka. Namun pada Kamis (1/8) kembali terjadi erupsi hingga saat ini terjadi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA