Tuesday, 3 Jumadil Akhir 1441 / 28 January 2020

Tuesday, 3 Jumadil Akhir 1441 / 28 January 2020

Cara Alfamart Dukung Larangan Penggunaan Kantong Plastik

Senin 26 Aug 2019 13:18 WIB

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

Alfamart juga mengedukasi masyarakat dampak negatif pemakaian kantong plastik

BOGOR, AYOBANDUNG.COM -- Perusahaan ritel Alfamart mendukung larangan penggunaan kantong plastik yang baru diberlakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dalam program Asri Tanpa Plastik (Antik). Corporate Communication GM Alfamart, Nur Rachman, mengatakan salah satu dukungan itu dilakukan melalui gerakan 'Bersihin Indonesia’ di area Car Free Day Pakansari Cibinong, Kabupaten Bogor, Ahad (25/8).

AYO BACA : WHO Sebut Telan Mikroplastik di Air Minum Tidak Berbahaya

"Dilaksanakan serentak di 15 kota lain. Gerakan ini merupakan salah satu kegiatan Alfamart pada ulang tahun yang ke-20 melalui tema #20thAlfamartUntukIndonesia,” ujar Nur.

Beragam aktivitas yang dilakukan pada acara Bebersih Indonesia itu antara lain pemungutan sampah oleh pasukan merah Alfamart, penukaran kantong plastik yang dibawa masyarakat dengan tas belanja go green gratis, kemudian mengedukasi masyarakat dampak negatif pemakaian kantong plastik. “Sengaja dilakukan di CFD GOR Pakansari, Kabupaten Bogor supaya bisa mendapat perhatian dari masyarakat banyak sekaligus dan bisa kampanye langsung soal efek negatif dari kebiasaaan masyarakat yang akrab sekali terhadap plastik,” kata Nur Rachman.

AYO BACA : Botol Air Plastik Dilarang Dijual di Bandara Ini

Selain itu, ada pula pawai poster bertuliskan ajakan untuk mulai hidup tanpa plastik dalam aktivitas sehari-hari. Menurutnya masyarakat antusias, dilihat dari banyaknya yang menukarkan kantong plastik yang dibawa dengan tas belanja go green Alfamart.

Di samping itu, menurut Nur Rachman, Alfamart tidak lagi memberikan secara gratis kantong plastik mulai 1 Maret 2019. Tujuannya, untuk mengurangi sampah plastik dan masyarakat beralih menggunakan tas belanja ulang pakai yang lebih ramah lingkungan.

“Sudah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk peduli menjaga kelestarian lingkungan, dan semoga yang dilakukan Alfamart ini sedikit banyak bisa menyadarkan masyarakat,” tuturnya.

AYO BACA : Program Bogor Antik Solusi Kurangi Sampah Plastik

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA