Selasa, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Selasa, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Riau Gandeng Jerman Olah Sampah Jadi Listrik

Senin 26 Agu 2019 18:03 WIB

Red: Nora Azizah

Mesin instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) / Ilustrasi

Mesin instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) / Ilustrasi

Foto: Antara/Risky Andrianto
Potensi sampah di Pekanbaru cukup besar.

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Pemerintah Kota Pekanbaru, Riau, akan bekerja sama dengan perusahaan asal Jerman SDW Energy mengolah 1.000 ton sampah per hari menjadi energi listrik.

"Untuk pengembangannya tentunya dibutuhkan perusahaan daerah yang akan mengelola sampah tersebut dan SDW Energy akan mengupayakan untuk mencarikan investor untuk Kota Pekanbaru," kata Wali Kota Pekanbaru Firdaus dalam keterangannya di Pekanbaru, Senin (26/8).

Menurut dia, investor yang ditawarkan PT SDW Energy akan mengelola sampah tersebut tentunya bersama perusahaan daerah di Kota Pekanbaru, sedangkan potensi sampah di daerah ini cukup besar.

Ia menyebutkan, volume sampah Kota Pekanbaru mencapai 1.000 ton per hari dan jika dikembangkan mampu menghasilkan energi listrik sekitar 20 MW.

"Selain mendapatkan energi listrik, limbahnya 10 sampai 20 persen bisa pula diolah menjadi bahan bangunan seperti paving block dan lainnya sehingga tidak adalagi limbah yang tidak terpakai, setelah pengolahan tersebut," katanya

Selain itu, SDW Energy juga memiliki teknologi terkait instalasi pengolah air, hingga menjadi air siap minum, sehingga kerja sama ini perlu segera diimplementasikan.

Melalui kerjasama ini, katanya Firdaus lagi, maka untuk mengatasi penumpukan sampak tidak lagi dengan cara harus menambah jumlah tempat pembuangan akhir (TPA) sampah.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA