Sabtu, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 Desember 2019

Sabtu, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 Desember 2019

Akademisi: Kacang Hijau Tepat Ditanam Saat Kemarau Panjang

Selasa 27 Agu 2019 00:07 WIB

Red: Ani Nursalikah

Petani panen kacang hijau.

Petani panen kacang hijau.

Foto: Antara/Saiful Bahri
Menanam kacang hijau sangat efisien bagi petani karena masa tanamnya relatif pendek.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Akademisi dari Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Ponendi Hidayat mengingatkan petani tanaman kacang hijau bisa menjadi salah satu pilihan tepat ditanam pada saat musim kemarau panjang.

"Banyak alternatif tanaman saat kemarau, namun apabila musim keringnya berkepanjangan, kacang hijau bisa menjadi salah satu pilihan yang bijaksana," katanya di Purwokerto, Jawa Tengah, Senin (26/8).

Ponendi tersebut menjelaskan, menanam kacang hijau sangat efisien bagi petani karena masa tanamnya relatif pendek.

Selain itu, kata dia, tanaman kacang hijau memiliki risiko gagal panen yang relatif rendah. Bahkan risiko gagal panen pada tanaman kacang hijau lebih rendah dibandingkan tanaman kedelai.

"Sebenarnya petani bisa saja memilih menanam kedelai saat kemarau namun kalau musim keringnya panjang lebih baik memilih kacang hijau, kalau musim keringnya tidak terlalu panjang maka petani bisa memilih menanam kedelai saja," katanya.

Dia menegaskan, budi daya pertanian yang baik adalah selalu mempertimbangkan musim. "Musim itu memengaruhi banyak hal mulai dari risiko gagal panen hingga keterkaitan dengan siklus hama dan penyakit tanaman," katanya.

Sebelumnya, dosen Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto Asna Mustofa juga mengatakan kacang hijau bisa menjadi tanaman alternatif bagi petani saat kemarau atau pada musim tanam ketiga. "Kacang hijau bisa menjadi salah satu pilihan karena masa tanam yang relatif pendek dan dapat cepat dipanen meskipun curah hujan sudah sangat menurun," katanya.

Asna menjelaskan, pada musim tanam ketiga petani memang sangat disarankan untuk menanam palawija. "Banyak tanaman yang bisa menjadi alternatif. Biasanya sangat tergantung lokasi dan tergantung ketersediaan air, kalau masih ada air bisa tanam jagung, kalau sama sekali tidak ada air biasanya kacang hijau," katanya.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA