Thursday, 16 Sya'ban 1441 / 09 April 2020

Thursday, 16 Sya'ban 1441 / 09 April 2020

72 Hektare Lahan dan Hutan Terbakar dalam Sepekan

Rabu 28 Aug 2019 00:45 WIB

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

Ada 72 hektare lahan perkebunan dan hutan di sejumlah titik di Purwakarta terbakar

PURWAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Sekitar 72 hektare lahan perkebunan dan hutan di sejumlah titik wilayah Kabupaten Purwakarta terbakar selama sepekan terakhir.

AYO BACA : Pembangunan Tol Japek II Dimulai di Purwakarta

"Kebakaran terjadi sebagai dampak kemarau," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Purwakarta Wahyu Wibisono, di Purwakarta, Selasa (27/8/2019).

AYO BACA : Revitalisasi Kawasan Wisata Waduk Jatiluhur Dimulai Tahun Ini

Penyebab kebakaran didominasi karena pembakaran sampah dan puntung rokok. Api dari pembakaran sampah serta puntung rokok merambat ke areal hutan hingga akhirnya mengalami kebakaran.

Dia mengimbau masyarakat mewaspadai tingginya potensi terjadi kebakaran pada musim kemarau tahun ini. "Kami mengimbau agar masyarakat bijak. Tidak membuang puntung rokok serta untuk tidak membakar sampah sembarangan," katanya.

Selama sepekan terakhir, peristiwa kebakaran terjadi di sembilan kecamatan. Di antaranya terjadi di Kecamatan Kiarapedes, Wanayasa, Bungursari, Pasawahan, Sukatani, Bojong, Kecamatan Purwakarta, Maniis, dan Kecamatan Darangdan.

Sementara itu, kebakaran lahan perkebunan dan hutan di antaranya terjadi di Gunung Cilalawi, Desa Tajur Sindang, Kecamatan Sukatani, selama dua hari berturut-turut. "Kebakaran di ketinggian 500 meter di atas permukaan laut tersebut menghanguskan lahan seluas kurang lebih 53 hektar," ujar dia.

AYO BACA : Kesadaran Berlalu Lintas di Purwakarta Masih Minim

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA