Rabu, 2 Rajab 1441 / 26 Februari 2020

Rabu, 2 Rajab 1441 / 26 Februari 2020

Depok Segera Bangun IPAL Komunal

Rabu 28 Agu 2019 20:00 WIB

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Endro Yuwanto

 Warga menyebrang di sungai yang tercemar limbah industri dan rumah tangga (ilustrasi).

Warga menyebrang di sungai yang tercemar limbah industri dan rumah tangga (ilustrasi).

Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
IPAL yang akan dibangun tersebar di beberapa kelurahan.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok berencana segera membangun sebanyak sembilan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) komunal. Pembangunan IPAL sesuai standar kesehatan ini akan dimulai pada September 2019.

"Meterialnya sudah tersedia semua. Saat ini tinggal menunggu anggaran untuk biaya tukang yang pencairannya dalam bulan ini. Sementara, untuk pembangunan fisiknya di awal September ini," ujar Kepala Bidang Permukiman, Disrumkim Kota Depok, Sukanda di Balai Kota Depok, Rabu (28/8).

Sukanda menjelaskan, IPAL yang akan dibangun tersebar di beberapa kelurahan. Yaitu Kelurahan Pangkalan Jati Baru, Pengasinan, Cilodong, Leuwinanggung, Cipayung Jaya, Pondok Cina, dan Cisalak.

"Pembangunan IPAL berasal dari tiga jenis pembiayaan. Di antaranya melalui APBD Kota Depok sebanyak 3 unit, bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) 4 unit, dan bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat 2 unit," jelas Sukanda.

Menurut Sukanda, setiap unit IPAL yang dibangun memiliki kapasitas 14,5 meter kubik. Dengan kapasitas tersebut mampu menampung limbah dari 30-35 kepala keluarga (KK). "IPAL yang sekarang juga terbuat dari bahan kedap air dan ramah lingkungan, sehingga meskipun ditimbun di dalam tanah tidak akan mencemari lingkungan sekitarnya," pungkasnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA