Sunday, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Sunday, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Ancaman Karhutla di Ibu Kota Baru

Jumat 30 Aug 2019 04:51 WIB

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Karta Raharja Ucu

Pindah Ibu Kota ke Kalimantan.

Pindah Ibu Kota ke Kalimantan.

Foto: republika
Pemindahan Ibu Kota berdasarkan sejumlah pertimbangan.

REPUBLIKA.CO.ID, Lokasi ibu kota baru telah diumumkan pada Senin (26/8). Ibu kota akan pindah ke sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim). Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, kajian soal pemindahan ibu kota baru sudah dilakukan secara mendalam sejak tiga tahun lalu.

Presiden menyampaikan sejumlah pertimbangan menjadi alasan di balik terpilihnya dua kabupaten di Kaltim itu sebagai lokasi ibu kota baru. Alasan di balik pemindahan ibu kota baru ini, ujar Jokowi, antara lain minimnya risiko bencana di Kaltim termasuk gempa bumi, tsunami, kebakaran hutan dan lahan (karhutla), hingga tanah longsor.

"Alasan kedua, lokasi strategis berada di tengah-tengah Indonesia. Ketiga, berdekatan dengan wilayah perkotaan yang berkembang, yakni Balikpapan dan Samarinda," kata Jokowi, Senin (26/8).

Jokowi juga menyatakan, kawasan di antara Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegera dipilih karena sudah memiliki infrastruktur lengkap dan tersedia 180 hektare (ha) lahan yang sudah dimiliki pemerintah.

Lahan seluas 3.000 ha disiapkan dalam pembangunan ibu kota tahap pertama. Area tersebut mencakup bangunan perkantoran pemerintah. Kawasan inti yang akan di bangun pertama kali, di antaranya terdiri atas kantor presiden, gedung kementerian dan lembaga, serta gedung DPR/MPR. Namun, di sisi lain, data menunjukkan Pulau Kalimantan menjadi wilayah dengan kasus karhutla yang cukup tinggi.

Pertengahan Juli lalu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut provinsi yang mengalami karhutla terluas adalah Riau mencapai 27.683 ha dan Kalimantan Barat mencapai 2.274 ha. Bahkan, beberapa provinsi seperti Riau, Sumatra Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan dinyatakan berstatus siaga darurat karhutla.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA