Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

Olah TKP Cipularang Gunakan Laser Scanner Tiga Dimensi

Selasa 03 Sep 2019 17:32 WIB

Red: Ratna Puspita

Pekerja berada di proyek penahan dinding jalan di KM 91 Tol Cipularang, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (3/9/2019).

Pekerja berada di proyek penahan dinding jalan di KM 91 Tol Cipularang, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (3/9/2019).

Foto: Antara/Raisan Al Farisi
Olah TKP dengan laser scanner tiga dimensi untuk mengetahui penyebab kecelakaan.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Tim Road Accident Rescue-Traffic Accident Analysis Polda Jabar dan Korlantas Mabes Polri melakukan olah tempat kejadian perkara kecelakaan beruntun di jalan Tol Cipularang Kilometer 91, Selasa (3/9). Olah TKP menggunakan laser scanner tiga dimensi.

Baca Juga

"Olah TKP (Tempat Kejadian Perkara) kecelakaan beruntun ini menggunakan metode traffic analysis yang menggunakan laser scanner tiga dimensi," kata Kompol Deni Setiawan dari Tim Traffic Accident Analysis Korlantas Mabes Polri usai olah TKP di jalan Tol Cipularang Kilometer 91 wilayah Purwakarta, Jawa Barat, Selasa.

Olah TKP dilakukan jajaran kepolisian dari Polda Jabar dan Mabes Polri sejak Selasa pagi hingga siang hari. Ia mengatakan, olah TKP dilakukan untuk menganalisa peristiwa kecelakaan beruntun yang menyebabkan delapan orang meninggal dunia dan puluhan korban mengalami luka-luka.

Melalui olah TKP yang menggunakan laser scanner tiga dimensi, akan diketahui penyebab pasti kecelakaan beruntun tersebut. "Dengan menggunakan laser scanner tiga dimensi, berarti akan direkam semua yang terjadi di TKP. Setelah semua kejadian terekam, baru akan dilakukan rekonstruksi dengan menggunakan software khusus," kata dia.

Sementara itu, selama olah TKP petugas memberlakukan contraflow di jalan Tol Cipularang arah Jakarta, mulai dari Kilometer 96 hingga Kilometer 90. Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga Dwimawan Heru, mengatakan rekayasa lalulintas dengan contraflow dilakukan untuk memperlancar olah TKP.

Selain itu, pengalihan arus juga diberlakukan, bagi pengguna jalan dari arah Bandung ke arah Jakarta dapat keluar di Gerbang Tol Cikamuning dan masuk kembali lagi ke Jalan Tol Cipularang melalui Gerbang Tol Jatiluhur. Sementara itu, kecelakaan beruntun di jalan Tol Cipularang Kilometer 91 arah Jakarta pada Senin (2/9) melibatkan 21 kendaraan. Beberapa kendaraan hangus terbakar. Delapan korban meninggal dunia dan puluhan korban lainnya mengalami luka-luka akibat peristiwa itu.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA