Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Fraksi DPRD DIY Telah Terbentuk

Kamis 05 Sep 2019 19:41 WIB

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi

Kantor DPRD DIY.

Kantor DPRD DIY.

Foto: Yusuf Assidiq.
Hanum Salsabiela Rais menjadi wakil ketua Fraksi PAN.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DIY menggelar Rapat Paripurna Pengumuman Pembentukan Fraksi-Fraksi DPRD DIY, Rabu (4/9) kemarin. Semua fraksi di DPRD telah terbentuk dan diumumkan dalam rapat tersebut.

Rapat dipimpin oleh Pimpinan Sementara Periode 2019-2024. Ketua Sementara DPRD DIY periode 2019-2024, Nuryadi menyampaikan Peraturan DPRD Nomor 1 Tahun 2018 tentang Tata Tertib DPRD DIY pasal 44.  

Nuryadi mengatakan, berdasarkan peraturan tersebut Pimpinan Sementara bertugas memimpin rapat, memfasilitasi pembentukan Fraksi, memfasilitasi penyusunan tata tertib. Selain itu juga bertugas memproses penetapan Pimpinan Definitif, menjadi juru bicara DPRD.  "Dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugasnya dalam Rapat Paripurna," kata Nuryadi.

Sementara itu, berdasarkan Peraturan DPRD DIY Nomor I Tahun 2018 Pasal 33 ayat (1) dan ayat (9) bahwa untuk mengoptimalkan fungsi, tugas dan wewenang DPRD serta hak dan kewajiban anggota DPRD, dibentuk Fraksi. Fraksi ini, lanjutnya  sebagai wadah berhimpun anggota DPRD DIY. "Pembentukan Fraksi tersebut dilaporkan kepada Pimpinan DPRD untuk diumumkan dalam Rapat Paripurna," lanjutnya.

Seiring dengan hal tersebut, Pimpinan Sementara DPRD DIY telah melakukan komunikasi kepada Pimpinan Partai Politik terpilih agar membentuk Fraksi, susunan Pimpinan, dan keanggotaannya. Selanjutnya, Nuryadi pun membacakan surat dari masing-masing Parpol yang berisi Nama-Nama Fraksi dan susunan kepengurusannya.

Fraksi PDI Perjuangan DPRD DIY diketuai oleh Dwi Wahyu dengan anggota berjumlah 16 anggota termasuk wakil ketua dan sekretaris. Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD DIY diketuai Imam Taufik dengan anggota sebanyak enak orang termasuk wakil ketua dan sekretaris.

Sementara itu, fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD DIY diketuai Suharwanta dengan wakilnya Hanum Salsabiela Rais. Ada lima anggota lainya termasuk sekretaris.

Kemudian fraksi Partai Gerindra DPRD DIY dengan ketua Danang Wahyu Broto serta anggota berjumlah lima orang termasuk wakil dan sekretaris. Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD DIY diketuai Aslam Ridlo dengan anggota lima orang termasuk wakil dan sekretaris.

Setelah itu, fraksi Partai Golkar DPRD DIY dengan ketua Ranny Widayati beserta anggotanya berjumlah empat orang termasuk wakil dan sekretaris. Terakhir, fraksi Nasdem dengan ketua Suparja beserta anggota berjumlah lima orang beserta wakil dan sekretaris.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA