Saturday, 22 Muharram 1441 / 21 September 2019

Saturday, 22 Muharram 1441 / 21 September 2019

Unik, Perayaan Haornas 2019 di Pinggir Sungai Martapura

Sabtu 07 Sep 2019 05:51 WIB

Red: Israr Itah

Menara Pandang Siring, Banjarmasin.

Menara Pandang Siring, Banjarmasin.

Foto: Dok Kemenpora
Menara Pandang Siring merupakan salah satu landmark Kota Banjarmasin.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) membuat gebrakan unik dalam perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2019. Bila sebelumnya kegiatan berlangsung di stadion atau lapangan olahraga, kali ini puncak acara Haornas digelar di tepi sungai, tepatnya di Menara Pandang Siring, Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Menara Pandang Siring merupakan salah satu landmark Kota Banjarmasin. Menara ini terletak di Siring Jalan Kapten Pierre Tendean Banjarmasin. Posisinya dekat pasar terapung buatan Pemerintah Kota Banjarmasin di tepi Sungai Martapura. 

Menara pandang ini berlantai empat. Di bagian atas atau lantai tiga menara ini merupakan area terbuka. Pengunjung bisa naik dan menikmati pemandangan aliran Sungai Martapura, kubah Masjid Raya Sabilal Muhtadin, dan pemandangan indah Kota Banjarmasin.

Pada Ahad (8/9) nanti puncak perayaan Haornas 2019 digelar di sini. Acara gowes, senam SKJ Tempo Doeloe, dan pemecahan rekor MURI atraksi olahraga karate terbanyak yang diikuti 6.000 orang akan digelar sejak pagi. Malamnya mulai pukul 19.00 Wita berlangsung seremoni acara hiburan dan pemberian penghargaan kepada tokoh olahraga.

photo

Panggung perayaan Haornas 2019 di Banjarmasin.

Deputi Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga RI Raden Isnanta mengatakan, alasan utama pemilihan Banjarmasin karena Pemerintah Provinsi Kalsel sangat peduli dengan olahraga. Apalagi Kalsel unggul dalam olahraga air.

"Jadi Pak Menpora yakin Kalsel mampu menjadi tuan rumah yang bisa menyukseskan perayaan Haornas 2019," kata Isnanta di Banjarmasin, Jumat (6/9) sore.

Dia menyatakan banyak keuntungan Kalsel menjadi tuan rumah pada ajang nasional ini, tidak hanya peningkatan di bidang olahraga, tapi juga ajang promosi di bidang pariwisata. Sebab, kata Isnanta, olahraga itu kaitannya tidak hanya dengan kesehatan dan prestasi, melainkan juga pariwisata.

Kalsel dipuji memiliki keindahan alam sebagai objek wisata. "Jadi sambil berorahraga juga berwisata, di sini tidak hanya ada wisata Siring sungai Banjarmasin, pasar terapung, tapi ada juga wisata alam pegunungan," tuturnya.

photo

Sungai Martapura, Banjarmasin.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor memastikan Haornas 2019 akan berjalan sukses dan meriah. Gubernur Kalsel yang akrab disapa Paman Birin itu memastikan hal tersebut saat membuka pameran olahraga di Duta Mall Banjarmasin, Jumat (6/9), yang mengawali rangkaian acara Haornas 2019.

Menurut dia, Kalsel selalu siap menjadi tuan rumah event nasional, khususnya untuk olahraga, karena daerahnya terus berupaya meningkatkan prestasi olahraga. Tema Haornas 2019 adalah "Ayo Olahraga di Mana Saja, Kapan Saja". Tema tersebut diangkat karena Kemenpora ingin mengajak masyarakat menjadikan olahraga sebagai bagian dari gaya hidup mereka.  

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA