Thursday, 16 Sya'ban 1441 / 09 April 2020

Thursday, 16 Sya'ban 1441 / 09 April 2020

Diduga Hendak Curi Mobil di Gedung Sate, Pemuda Diamankan

Sabtu 07 Sep 2019 16:24 WIB

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Nashih Nashrullah

Foto udara pusat pemerintahan Provinsi Jawa Barat di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Kamis (5/9/2019).

Foto udara pusat pemerintahan Provinsi Jawa Barat di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Kamis (5/9/2019).

Foto: Antara/Raisan Al Farisi
Pemuda yang sama diduga pelaku pencurian di Gedung Sate pekan lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG— Seorang pemuda diamankan petugas keamanan dalam (Kamdal) kantor Gubernur Jawa Barat (Gedung Sate), Sabtu (7/9) pagi. Karena, pemuda tersebut, diduga hendak mencuri mobil dinas jenis Toyota Alphard.

Baca Juga

Berdasarkan pantauan, pemuda yang belum diketahui namanya itu diamankan dan diintrogasi di pos 2 Gedung Sate.

Menurut salah seorang sekuriti Gedung Sate, Tatang, pemuda itu merupakan pelaku yang sama dalam insiden pencurian mobil dinas jenis Toyota Camry yang sempat hilang awal pekan lalu. 

Tatang menjelaskan, sekitar pukul 08.00 WIB, dia datang ke Gedung Sate diantar menggunakan sepeda motor. Kemudian masuk ke dalam masjid Al Muttaqin Gedung Sate. 

Karena dalam kejadian sebelumnya, para petugas sudah mengenali wajah pelaku dari hasil rekaman kamera pengawas. Saat melihat wajah pemuda itu mirip pelaku, semua aparat keamanan langsung mengepung dan menangkap pemuda tersebut.   

"Jadi saya menerima laporan dari anggota pusat komando ada pemuda yang wajahnya mirip pelaku sedang berada di masjid. Saya arahkan anggota untuk menutup semua akses gerbang masuk," papar Tatang.   

Menurutnya, dari hasil pemeriksaan, tak ditemukan kartu identitas pelaku. Tapi, petugas menemukan empat kunci mobil plat merah yang diduga jadi sasaran pencuriannya. Yakni, ada kunci mobil, Toyota Camry dengan STNK, Toyota Alphard, Toyota Corola Altis, dan satu kunci mobil Toyota tidak diketahui jenisnya disertai laptop. 

Petugas pun, kata dia, langsung menyerahkan pelaku ke Polsek Bandung Wetan. Saat ini, polisi masih melakukan pemeriksaan.  

Sebelumnya, sebuah mobil dinas jenis sedan merek Toyota Camry dikabarkan hilang di Kantor Gubernur Jabar, Gedung Sate, Jalan Diponegoro. Menurut informasi, mobil plat merah itu merupakan kendaraan yang pernah dipakai salah satu pejabat di Pemprov Jabar.  

Kepala Biro Umum Sekretariat Daerah Pemprov Jabar, Iip Hidajat, membenarkan hal itu. Iip pun heran mengapa kendaraan dinas yang biasa diparkir di Gedung Sate bisa hilang. Padahal, area Gedung Sate mendapat penjagaan ketat di tiap pintu masuk.   

"Jadi itu mobil operasional. Jadi kita sedang ngecek, khawatir mobil operasional kan suka ada yang pinjam internal untuk keperluan apa gitu. Mobilnya Camry sudah lama, sebetulnya mobil itu sudah rusak," ujar Iip. 

Menurut Iip, pihaknya pun langsung menginvestigasi soal hilangnya mobil warna hitam tersebut. Dia sedang mencari keterangan dari sejumlah pihak. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA