Monday, 6 Sya'ban 1441 / 30 March 2020

Monday, 6 Sya'ban 1441 / 30 March 2020

Wali Kota Bandung Resmikan Teras Cirateun

Ahad 08 Sep 2019 09:35 WIB

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Esthi Maharani

Wali Kota Bandung Oded M Danial

Wali Kota Bandung Oded M Danial

Foto: Republika/Edi Yusuf
Oded juga meresmikan septic tank komunal dan drumpori di kawasan tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Wali Kota Bandung, Oded M. Danial meresmikan Teras Cirateun di Jalan Sersan Sodik Dalam, Kelurahan Isola, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung, Sabtu (7/9). Proyek ini merupakan hasil dari Program Inovasi Pemberdayaan Pembangunan Kewilayahan (PIPPK).

Oded juga meresmikan septic tank komunal dan drumpori di kawasan tersebut. Atas inovasi tersebut, Oded menyambut baik usaha kewilayahan dan masyarakat menghadirkan lingkungan yang nyaman dan bersih.

"Alhamdullilah, Mang Oded merasa senang, hari ini dapat meresmikan Teras Cirateun yang nyaman ini. Hal ini hasil kolaborasi antara Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung yang berada di kewilayahan bersama masyarakat sekitar," kata Oded dalam siaran persnya.

Oded mengaku senang saat datang dan bertemu langsung dengan warga ke kelurahan Isola. Baginya, warga kelurahan Isola memiliki karakter yang kompak. Oded yakin, apabila di sebuah lingkungan hubungan sosialnya baik akan mewujudkan masyarakat yang mandiri.

"Sejak awal datang, saya optimis melihat warga di sini memiliki semangat yang luar biasa. Terlihat kompak, berarti di sini memiliki karakter yang positif dan akan terwujud masyarakat mandiri," tuturnya.

Hal yang istimewa, warga Kelurahan Isola, Kecamatan Sukasari dapat memberikan output yang melebihi ekspektasi. Anggaran senilai Rp100 juta oleh Pemkot Bandung, bisa mendapatkan hasil yang sangat bermanfaat. Namun Oded mengingatkan warga untuk selalu menjaga kebersihan teras Cirateun dengan tidak membuang sampah ke sungai.

"Lingkungan sudah enak, mari kita jaga baik-baik. Program drumpori ini harus secara aktif dilakukan, untuk persediaan air di rumah," tuturnya.

Sementara itu, Camat Sukasari, Sarjani Saleh mengatakan, warganya memiliki kebiasaan "babarengan" dalam menjaga lingkungannya. Mulai dari penjalankan program Pemkot Bandung hingga menjaga fasilitas publiknya.

"Saya baru di sini, sekitar empat bulan. Namun, saya merasa senang melihat kebiasaan warga yang kompak bersama-sama menjaga lingkungannya. Bisa dilihat, banyak fasilitas yang dibangun melalui konsep babarengan," kata Sarjani.

Ia mengaku bangga, bisa menjadi bagian di Kecamatan Sukasari. Karena, di Kecamatan Sukasari seluruh lapisan masyarakatnya sangat proaktif dalam menjalankan perannya masing-masing.

"Saya bangga, di sini semua orang saling berhubungan baik dan menjalankan perannya masing-masing dalam mendukung program Pemkot Bandung," katanya.

Teras Cirateun merupakan sepadan sungai yang dipercantik sehingga bisa dimanfaatkan sebagai obyek wisata bagi masyarakat. Selain itu ada ruang publik sebagai tempat berkumpul warga.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA