Sabtu, 20 Safar 1441 / 19 Oktober 2019

Sabtu, 20 Safar 1441 / 19 Oktober 2019

Pameran Olahraga Buka Rangkaian Acara Haornas 2019

Jumat 06 Sep 2019 23:57 WIB

Red: Israr Itah

Pameran Gebyar Haornas 2019 di Atrium Duta Mall, Banjarmasin, Jumat (6/9).

Pameran Gebyar Haornas 2019 di Atrium Duta Mall, Banjarmasin, Jumat (6/9).

Foto: Republika/Israr
Pameran ini dibuka langsung Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Pameran olahraga membuka rangkaian perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2019 di Banjarmasin, Jumat (6/9). Pameran Gebyar Haornas 2019 digelar oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bekerja sama dengan pemerintah Kalimantan Selatan (Kalsel) di Duta Mall, Banjarmasin.

Sejumlah stand hadir dalam pameran ini, RS Olahraga Nasional, Museum Olahraga Nasional, dan sejumlah stand beberapa wilayah di Kalsel. Beragam produk khas Kalimantan Selatan dipamerkan.

Menurut Deputi III Kemenpora Raden Isnanta, pameran ini menjadi bukti olahraga bisa merambah ke wisata. "Masyarakat bisa tahu olahraga bisa dipadukan dengan wisata dan juga mendatangkan pekerjaan seperti E-sport. Semoga masyarakat Kalsel bisa teredukasi dengan kegiatan pameran Haornas 2019," katanya.

Pameran ini dibuka langsung Gubernur Kalsel Sahbirin Noor. Ia mengaku senang dan bangga atas kepercayaan yang diberikan Kemenpora pada Bajarmasin untuk menjadi tuan rumah perayaan Haornas 2019. Ia berjanji akan menghadirkan perayaan Haornas yang berkesan.

"Kami bangga dipercaya menjadi tuan rumah acara puncak Haornas 2019. Itu merupakan sebuah kepercayaan dan tanggung jawab bagi kami," kata Sahbirin Noor.

Ia mengingatkan, Haornas merupakan momentum untuk bergerak maju sekaligus kebangkitan olahraga Indonesia. Ia mengingatkan Indonesia sebagai bangsa pemenang, merujuk pada perjuangan rakyat Indonesia meraih kemerdekaan pada masa lalu.

Pada kesempatan ini permainan tradisional Kalsel yang diberi nama Balogo menyita perhatian. Balogo Pemain harus dapat meruntuhkan tiga pin yang disebut logo, terbuat dari tempurung kelapa, yang disusun sejajar. Cara meruntuhkannya dengan meluncurkan logo lain dari jarak tertentu yang biasanya berbentuk segitiga atau daun. 

Untuk meluncurkannya, digunakan pemukul bernama campa yang panjangnya sekitar 40 cm dan lebar 2 cm. Campa diletakkan berdiri tegak dengan bagian bawah merapat ke sisi belakang logo yang sudah diberi cekungan kecil.

Campa kemudian ditepuk dengan telapak tangan untuk menghentak logo agar bergerak meluncur meruntuhkan logo lawan yang dipasang berdiri sejajar. Jika logo pertama jatuh, pemain mendapatkan nilai dua, bila logo kedua yang jatuh, bernilai tiga, dan bila ketiganya jatuh mendapatkan nilai tujuh.

photo
Salah satu awak media mencoba permainan tradisional Kalsel, Balogo.

Sejumlah awak media dari Jakarta terlihat penasaran dan mencoba olahraga permainan ini dibantu anak-anak dari sanggar Bina Pendam. Bahkan Deputi III Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta pun penasaran dengan olahraga ini dan ikut bermain. 

"Ayunan pukulannya harus lurus agar logonya juga bisa bergerak lurus," kata pemandu permainan ini. 

Pameran Haornas di Duta Mall akan diikuti sejumlah kegiatan lain hingga Senin (9/9).  Pada Sabtu (7/9) digelar simposium membahas e-sports. Simposium itu diharapkan bisa menjadi pemersatu antara pemerintah dan pihak-pihak yang berkaitan dengan e-sports, seperti klub, pemain, hingga sponsor. 

Acara puncak Haornas 2019 akan berlangsung Ahad (8/9) yang akan dihadiri langsung oleh Menpora Imam Nahrawi. Gowes Nusantara 2019, Senam SKJ Doel, dan pemecahan rekor Muri akan berlangsung dari pagi hingga siang.  Malam harinya, seremoni puncak acara Haornas 2019 digelar di Menara Pandang Siring, landmark Kota Banjarmasin. Terakhir pada Senin (9/9) pagi, berlangsung upacara peringatan ke-36 haornas.  

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA