Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Risma Cerita Pentingnya Pemasangan Saluran Pembuangan Air

Rabu 11 Sep 2019 00:07 WIB

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Esthi Maharani

Wali kota Surabaya, Tri Rismaharini

Wali kota Surabaya, Tri Rismaharini

Foto: Dok Pemkot Surabaya
Risma berpendapat, pemasangan saluran pembuangan air sangat penting.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menceritakan pengalaman dan stategi dalam pengelolaan lingkungan. Hal itu terkait pemasangan saluran pembuangan air di berbagai kawasan pemukiman Kota Surabaya. Risma berpendapat, pemasangan saluran pembuangan air sangat penting.

"Karena jika tidak diperhatikan, maka air akan kemana-mana, kawasan kota akan kumuh. Maka impact-nya, banyak sekali terutama kesehatan bagi warga sendiri,” kata Risma di Surabaya, Selasa (10/9).

Risma menjelaskan, dalam pengelolaan lingkungan, Pemkot Surabaya memasang saluran pembuangan air sampai pada gang-gang kecil. Bahkan ketika tidak bisa dipasang di pinggir, diputuskan memasang saluran pembuangan air di tengah jalan.

“Ada gang yang cukup sempit sekitar satu meter. Itu pun saya tetap paksa agar dipasang saluran di tengah,” ujar Risma.

Selain itu, upaya lain yang juga dilakukan Pemkot Surabaya yakni dengan membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), untuk kawasan pemukiman. Hal ini dilakukan karena menurutnya dapat dimanfaatkan lebih banyak lagi untuk masyarakat.

“IPAL ini banyak sekali manfaatnya, seperti warga bisa menyiram tanaman. Lalu jika ada warga yang rumahnya kebakaran juga bisa dibantu dengan pertolongan pertama menggunakan air ini,” kata dia.

Wali kota perempuan pertama di Kota Surabaya ini memastikan, tidak hanya pembangunan fisik saja yang dilakukan. Namun, pihaknya juga memberikan edukasi kepada warga terkait pentingnya menjaga lingkungan.

“Tidak ada gunanya jika kita membangun fisik saja. Warga juga harus diberi edukasi agar upaya ini lebih sustainable dan investasi yang sudah dikeluarkan tidak sia-sia,” kata Risma.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA