Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Menlu: Semua Kantor Dubes Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Rabu 11 Sep 2019 22:32 WIB

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Andi Nur Aminah

Menteri Luar Negeri Retno L Marsudi

Menteri Luar Negeri Retno L Marsudi

Foto: Republika/Fauziah Mursid
Ungkapan duka cita untuk almarhum BJ Habibie akan dilaksanakan selama tiga hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi meminta para duta besar Indonesia di setiap negara mengibarkan bendera setengah tiang di kantor kedutaan RI sebagai penghormatan atas wafatnya BJ Habibie. Ungkapan duka cita untuk almarhum BJ Habibie akan dilaksanakan selama tiga hari.

Baca Juga

Selain itu, Kementerian Luar Negeri juga akan membuka buku duka di tiap negara yang ingin memberikan ucapan belasungkawa kepada BJ Habibie. "Kami akan buka buku duka selama tiga hari bagi yang ingin menyatakan duka cita untuk beliau. Kami juga instruksikan bendera setengah tiang," ujar Retno di rumah duka, Jl Patra Kuningan XIII, Jakarta Selatan, Rabu (11/9).

Retno pun mengenang Habibie sebagai sosok yang positif. Dia mengenang salah satu momen kebersamaan bersama Habibie di Prancis. "Dia membawa saya ke tempat kerjanya. Dia adalah orang yang cerdas dan selalu menebarkan energi positif, cara bicara beliau sangat khas," kenang Retno.

Sebelumnya, Presiden ke-3 RI BJ Habibie wafat pada Rabu petang di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto. Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menyampaikan, BJ Habibie akan dimakamkan Kamis besok di TMP Kalibata, Jakarta, sektor 120-121.

Jenazah BJ Habibie akan dimakamkan di samping makam istrinya, Hasri Ainun Habibie yang meninggal dunia pada 2010 lalu. "Kami masih berkoordinasi dengan keluarga. Suasananya masih berduka, kita harapkan dalam waktu yang sangat singkat, malam ini sudah bisa ditentukan besok upacara pemakaman bisa jam berapa," jelas Pratikno di Kantor Sekretariat Negara, Rabu.


 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA