Saturday, 22 Muharram 1441 / 21 September 2019

Saturday, 22 Muharram 1441 / 21 September 2019

Pesan Mengharukan di Karangan Bunga untuk BJ Habibie

Kamis 12 Sep 2019 04:10 WIB

Rep: Dian Erika N/ Red: Agung Sasongko

Suasana rumah duka almarhum BJ Habibie di Patra Kuningan XIII, Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu (11/6) malam. Persiapan untuk persemayaman jenazah Presiden ke-3 RI tersebut mulai dilakukan.

Suasana rumah duka almarhum BJ Habibie di Patra Kuningan XIII, Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu (11/6) malam. Persiapan untuk persemayaman jenazah Presiden ke-3 RI tersebut mulai dilakukan.

Foto: Republika/Dian Erika N
Puluhan karangan bunga memadati sekitar rumah duka almarhum BJ Habibie

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA-- Puluhan karangan bunga memadati sekitar rumah duka almarhum BJ Habibie di Patra Kuningan XIII, Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (12/9). Pada puluhan karangan bunga tersebut tersemat ucapan bela sungkawa dari berbagai kalangan.

Pantauan Republika, Kamis (12/9) dinihari, karangan bunga berjajar di gang rumah duka hingga ruas Jalan Taman Patra Kuningan. Karangan bunga itu berjajar di sisi kanan dan kiri jalan. 

Baca Juga

Selain dari perwakilan pejabat pemerintah, masyarakat umum juga mengirim karangan bunga sebagai penghormatan terakhir terhadap Presiden RI ke-3 itu. Karangan bunga antara lain berasal dari Gubernur DKI Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar parawansa, Wali Kota Bogor Bima Arya, Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo. 

Kemudian ada pula karangan bunga dari Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, Keluarga Besar Presiden pertama RI Soekarno, Guntur Soekarnoputra, Mantan Menteri BUMN era Soeharto Tanri Abeng hingga Duta Besar Inggris, Owen Jenkins. 

Tampak pula keluarga karangan bunga dari Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono yang diwakili oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Mantan anggota DPD yang juga perancang busana, Poppy Dharsono, pun mengirimkan ucapan belasungkawa lewat karangan bunga. 

Kemudian karangan bunga para politisi seperti Bambang Soesatyo dan Eddy Rahmayadi pun ikut memadati sekitar rumah duka. Sejumlah menteri kabinet Jokowi, seperti Menteri Koordinator Kelautan dan Perikanan Susi Pudjastuti dan Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi M Nasir pun ikut menyampaikan karangan bunga.

Perwakilan media seperti keluarga besar TV One dan keluarga besar NET TV juga mengirimkan karangan bunga tanda duka cita. Tokoh pemerhati anak, Seto Mulyadi pun menyampaikan rasa duka cita lewat karangan bunga. 

Yang menarik, ada juga karangan bunga dari keluarga besar salah satu restoran ayam goreng kenamaan, yakni Ayam Geprek Juara. Jika karangan bunga berbagai pihak mayoritas menyampaikan bela sungkawa, restoran tersebut memilih ungkapan yang berbeda. 

'Selamat jalan Eyang Habibie dari kami semua yang dari kecil mengidolakan anda', demikian isi pesan dalam karangan bunga tersebut. Pesan itu seolah mewakili generasi 80-an dan 90-an yang sejak kecil akrab dengan teladan dan keberhasilan BJ Habibie mengembangkan teknologi kedirgantaraan.

Keluarga artis Bunga Citra Lestari (BCL) pun menyampaikan pesan yang menyentuh dalam karangan bunga yang disampaikan. 'Selamat jalan Eyang kami tercinta BJ Habibie' demikian pesan dari BCL bersama suami Ashraf Sinclair dan putra semata wayang mereka, Noah Sinclair. 

Selain para tokoh, ada pula ungkapan dukacita dari berbagai pihak seperti PT Pertamina Persero, BNI, Bank Mandiri, BNPB, Arsip Nasional Indonesia, Perhimpunan Alumni Jerman, Telkomsel, hingga keluarga besar Cinema XXI dan Bakmi GM. 

Sementara itu,  Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan akan memimpin secara langsung upacara pemakaman BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Kamis  siang nanti. Jenazah almarhum BJ Habibie rencananya diberangkatkan dari rumah duka ke TMP Kalibata pukul 13.00 WIB. 

Sekretaris Pribadi almarhum BJ Habibie, Rubianto, mengatakan sebelum diberangkatkan, jenazah akan diserahterimakan di rumah duka, Jl Patra Kuningan XIII, Setiabudi, Jakarta Selatan.

"Kami ingin menyampaikan bahwa prosesi pemakaman besok. Rencananya pemakaman jenazah pukul 12.30 WIB, akan dilaksanakan upacara serah terima jenazah dari keluarga kepada pemerintah.  Diharapkan 30 menit selesai dan jam 13.00 WIB tepat, start dari kediaman Patra Kuningan menuju ke TMP Kalibata," jelas Rubianto kepada wartawan di rumah duka, Rabu (11/9) malam.  

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA