Sabtu, 22 Muharram 1441 / 21 September 2019

Sabtu, 22 Muharram 1441 / 21 September 2019

Semua Kehilangan BJ Habibie

Kamis 12 Sep 2019 05:55 WIB

Red: Muhammad Subarkah

BJ Habibie

BJ Habibie

Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Semua tokoh bangsa merasa kehilanan BJ Habibie

Wakil Presiden Jusuf Kalla

Wakil Presiden RI M Jusuf Kalla beserta Ibu Mufidah JK menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya atas berpulangnya ke rahmatullah Bapak BJ Habibie, presiden ketiga RI.

Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri

Megawati Soekarnoputri dan keluarga besar PDI Perjuangan merasa sangat kehilangan dan mengucapkan dukacita yang mendalam atas wafatnya Bapak BJ Habibie. Bangsa Indonesia kehilangan sosok pemimpin inspiratif yang tidak pernah mengenal lelah memberikan semangat dan inspirasi agar putra-putri Indonesia berjuang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai kunci kemajuan bangsa.

Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir

Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyampaikan duka yang mendalam atas wafatnya Prof Dr BJ Habibie. Semoga almarhum memperoleh tempat terbaik di sisi Allah SWT.

Habibie adalah presiden pertama di era reformasi yang meletakkan dasar demokratisasi yang menjadi tonggak bagi Indonesia baru. Meski terkait dengan Orde Baru dan orang terdekat Soeharto, Habibie justru tampil menjadi negarawan dan demokrat yang kata sejalan tindakan, sehingga ibarat buku terbuka yang bersedia menerima kritik publik secara elegan.

Habibie juga presiden sekaligus tokoh bangsa yang dengan pendidikan Jermannya sebagai ahli pesawat terbang, membuka lembaran baru Indonesia yang modern dan maju. Dia sosok moralis dan rasional yang memadukan imtak (iman dan takwa) dan iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi) yang sangat relevan bagi bangsa Indonesia di era modern. Tidak banyak tokoh utama di republik ini yang memiliki karakter dan kualitas lengkap sebagai negarawan sekaligus tokoh kemajuan yang menjadi idola dan role model generasi muda bangsa lintas. Semoga bangsa Indonesia belajar dari Pak Habibie.

Ketua Umum PBNU Saiq Aqil Siroj

Kami atas nama warga NU di mana pun berada mengucapkan duka sedalam-dalamnya atas wafatnya presiden RI yang ketiga, Prof Dr Ir BJ Habibie, dengan tenang. Beliau adalah orang yang sangat cerdas, jenius, diakui oleh dunia internasional dan telah mengangkat nama baik bangsa Indonesia dengan kecerdasannya dan dengan kemampuannya. Mari kita doakan semoga arwahnya diterima oleh Allah dan mendapatkan ampunan-Nya. Segala amal baiknya diterima, segala kekhilafan kesalahannya diampuni dan ditempatkan di tempat yang namanya sidiq di sisi Allah dengan penuh kebahagiaan dan kedamaian.

Komisaris Utama PT Republika Media Mandiri Erick Thohir

Turut berdukacita atas wafatnya Bapak BJ Habibie. Semoga Allah SWT menempatkan almarhum Bapak Habibie di tempat yang terbaik di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran. Semoga kita semua bisa meneladani ketekunan dan kerja keras beliau. Sosok almarhum Bapak Habibie menunjukkan serta membuktikan bahwa orang Indonesia mampu menunjukkan karya di dunia Internasional.

Ketua Umum ICMI Jimly Asshiddiqie

Saya menyampaikan belasungkawa atas nama ICMI atas wafatnya BJ Habibie. Kita doakan semoga semua amal ibadah almarhum diterima Allah SWT. Kepergian almarhum ialah kehilangan besar bagi Indonesia. Almarhum berjasa besar sepanjang sejarah Indonesia, khususnya di bidang teknologi. Semoga semangat almarhum terus dikenang menjadi inspirasi bagi pemuda Indonesia untuk terus berkarya bagi bangsa.

Mendikbud Muhadjir Effendy

Bangsa Indonesia dan dunia ilmu pengetahuan telah kehilangan tokoh yang sangat sulit ditemukan penggantinya. Selain sebagai negarawan, reputasi beliau sebagai teknolog dan ilmuwan diakui dunia dan telah menginspirasi jutaan orang. Kejeniusan beliau diabadikan dalam lagu “Umar Bakri" oleh Iwan Fals.

Beliau mempunyai ikatan khusus dengan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) tempat saya pernah mengabdi hingga menjadi rektor. Beliaulah yang mencanangkan pembangunan kampus II yang sekarang menjadi kampus induk. Saat itu beliau masih menjabat menristek/kepala BPPT. Saat menjabat wakil presiden RI, beliau meresmikan masjid kampus UMM, “AR Fachruddin”.

Tokoh Islam, Ahmad Syafi’i Maarif

Kita semua berduka, seorang putra terbaik Indonesia telah wafat. Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un, Pak Habibie insya Allah mendapatkan husnul khatimah di akhir hayatnya. Pernah suatu hari almarhum bercerita tentang Bu Ainun kepada saya. "Bu Ainun pernah mengatakan bahwa Pak Habibie adalah manusia tersulit di muka bumi. Tetapi sekiranya saya mati dan sempat hidup kembali, saya akan mencari Habibie lagi." Ungkapan ini dirasakan Habibie sangat dalam dan tidak bisa dilupakan. Selamat jalan, Pak Habibie, kami semua menunggu giliran.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA