Sunday, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Sunday, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

The Habibie Center, Inisiatif Habibie Setelah Jadi Presiden

Kamis 12 Sep 2019 06:22 WIB

Red: Nur Aini

BJ Habibie

BJ Habibie

Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
The Habibie Center untuk memajukan demokrasi dan perlindungan HAM.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Dewan Pengurus The Habibie Center Dewi Fortuna Anwar merasa kehilangan yang luar biasa atas wafatnya Presiden ke-3 Republik Indonesia Bacharudin Jusuf Habibie.

Baca Juga

"Kepergian Bapak Habibie merupakan kehilangan yang luar biasa bagi keluarga besar The Habibie Center. Ini juga merupakan kehilangan bagi keluarga dan kehilangan bagi bangsa Indonesia," katanya dalam siaran pers, Rabu malam (11/9).

Sebelum menjadi Presiden, Habibie, kata dia, dikenal sebagai Bapak Teknologi Indonesia. Setelah menjadi Presiden, Habibie juga dikenal sebagai Bapak Demokrasi Indonesia karena perannya dalam mendorong demokrasi di negeri ini.

Selain itu, Habibie juga mendorong kebebasan pers, peluang berdirinya partai-partai politik baru, dan menyelenggarakan pemilu demokratis pertama sejak 1995. Habibie juga mendengarkan masukan dari masyarakat sipil tentang pemenuhan hak-hak perempuan dan membantu berdirinya Komnas Perempuan.

Sesudah BJ Habibie tidak lagi menjabat sebagai presiden, mantan pemimpin Indonesia tersebut kemudian mendirikan badan strategis The Habibie Center tersebut. The Habibie Center, katanya, dibentuk sebagai badan strategis independen yang terutama bergerak untuk ikut memajukan demokrasi dan perlindungan Hak Asasi Manusia.

Institusi tersebut juga merupakan buah pemikiran Habibie untuk ikut menguatkan budaya masyarakat sipil di Indonesia.

"Kami atas nama keluarga besar The Habibie Center mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas perhatian dan dukungan dari seluruh pihak yang selama ini ditujukan kepada Alm. BJ Habibie. Kami memohon doa dari masyarakat agar beliau diterima di sisi Allah SWT," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA