Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Uni Eropa Ucapkan Belasungkawa Atas Meninggalnya BJ Habibie

Kamis 12 Sep 2019 11:18 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Friska Yolanda

BJ Habibie

BJ Habibie

Foto: dok. Republika
Duta Besar Jerman Peter Schoof mengungkapkan duka atas kepergian Habibie.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Deligasi Uni Eropa untuk Indonesia ucapkan belangsungkawa atas meninggalnya presiden ketiga Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie. Habibie meninggal dunia pada hari Kamis (11/9) di usia 83 tahun.

Baca Juga

"Deligasi Uni Eropa menyampaikan belasungkawa terdalam kepada Pak Ilham Akbar Habibe dan Thareq Kemal Habibie berserta keluar dan seluruh rakyat Indonesia atas meninggalnya Presiden ketiga Republik Indonesia Prof Dr Ing H Bacharuddin Jusuf Habibie," cicit delegasi Uni Eropa untuk Indonesia, Jumat (12/9).

Kedutaan negara-negara Eropa juga sudah turut menyampaikan belasungkawa. Seperti Duta Besar Prancis di Indonesia dan Timor Leste Jean-Charles Berthonnet.

"Saya beruntung bertemu dengan Presiden Habibie, beliau memainkan peran penting dalam transisi menuju demokrasi, beliau mempertahankan perhatian yang mendalam dalam pengembangan sektor penerbangan, Airbus menjadi mitra strategisnya," cicit JC Berthonnet.

Sebelum masuk dunia politik Habibie pernah menjadi wakil presiden pabrik pesawat Jerman Messerschmitt Bolkow Blohm yang sekarang menjadi bagian dari Airbus. Di perusahaan yang bermarkas di Hamburg itu Habibie mengembangkan pesawat Airbus A-300B. Berbekal pengalamannya Habibie menjadi pelopor industri penerbangan di Indonesia.

"Dengan duka dan kesedihan yang mendalam kami mendengar dengan berpulangnya Presiden BJ Habibie, cinta kasih kami yang mendalam untuk keluarganya, kontribusi Presiden Habibie luar biasa besar terhadap Indonesia dan hubungan Indonesia-Jerman, terimakasih kami yang mendalam," tulis Duta Besar Jerman Peter Schoof di Twitter

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA