Monday, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

Monday, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

Ilham Habibie: Sampai Jumpa di Akhirat Bapak Tercinta

Kamis 12 Sep 2019 15:54 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Andri Saubani

Presiden Joko Widodo (kedua kanan) berbincang dengan putra almarhum Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie (tengah) saat melayat di rumah duka di Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Presiden Joko Widodo (kedua kanan) berbincang dengan putra almarhum Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie (tengah) saat melayat di rumah duka di Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Foto: Antara/HO
Ilham Habibie memberikan sambutan dalam proses pemakaman ayahnya di TMP Kalibata.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anak Sulung Bacharudin Jusuf Habibie, Ilham Akbar Habiebie memberikan sambutan dalam proses pemakaman presiden ketiga RI tersebut di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9). Dia mengatakan, masyarakat telah kehilangan sosok bapak, sahabat, panutan, negarawan, inspirator dan idola bangsa.

Baca Juga

"Sampai jumpa di akhirat bapak tercinta, Selamat jalan dan kita mencintai bapak dan eyang. Kita semua cinta bapak semuanya," kata Ilham Akbar Habibie di Jakarta, Kamis (12/9).

Ilham kemudian menceritakan proses jelang wafatnya Habibie di RSPAD, Rabu (11/9) lalu. Dia mengatakan, Habibie dikelilingi oleh keluarga, sahabat dan teman serta teman seperjuangan yang semuanya berdoa untuk dirinya.

Ilham mengungkapkan, satu demi satu kerabatnya itu sebanyak mungkin mencium Habibie pada waktu dia wafat. Menurutnya, dengan rasa cinta itulah Habibie meninggalkan dunia dan dengan cinta itulah yang mempunyai makna besar dalam kehidupannya.

"Cara wafatnya bapak itu merupakan contoh dari kehidupannya," katanya.

Proses pemakaman Habibie dilakukan dengan upacara kenegaraan. Jenazah yang tiba di TMP sekitar pukul 13.30 WIB segera dipanggul oleh pasukan berseragam merah memasuki komplek TMP. Penghormatan militer secara simbolis juga dilakukan dengan menembakan senapan ke udara.

Sesaat tiba di dalam TMP, jenazah Habibie segera disambut kalimat tahlil. Setelahnya, proses pemakaman Habibie diteruskan dengan pembacaan riwayat hidup presiden ketiga RI tersebut. Upacara dilanjutkan dengan tabur bunga yang diteruskan dengan penutupan makam secara simbolis yang dilakukan oleh inspektur upacara Jokowi dan perwakilan keluarga Ilham Habibie.

Bacharudin Jusuf Habibie meninggal dunia pada Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB setelah menjalani perawatan sejak 1 September 2019 di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSAPD) Gatot Subroto Jakarta. Ia meninggal setelah mengalami gagal jantung. Sebagaimana diketahui pada 2018 Habibie telah menjalani perawatan dan operasi akibat kebocoran katup jantung.

Habibie dikebumikan disamping makam Hasri Ainun Besari atau Ainun Habibie. Hal itu sesuai dengan wasiatnya sebelum meninggal dulu untuk dimakamkan di sebelah Ainun yang meninggal pada 22 Mei 2010 di Munchen, Jerman dan dimakamkan di TMP Kalibata. Habibie menjadi Presiden RI pertama yang dimakamkan di TMP.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA