Saturday, 26 Rabiul Awwal 1441 / 23 November 2019

Saturday, 26 Rabiul Awwal 1441 / 23 November 2019

Lagu Gugur Bunga dari Warga Iringi Pemakaman BJ Habibie

Kamis 12 Sep 2019 17:49 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Warga melambaikan tangan ke mobil jenazah yang membawa almarhum Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie saat berjalan menuju Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata dari rumah duka di kawasan Patra Kuningan, Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Warga melambaikan tangan ke mobil jenazah yang membawa almarhum Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie saat berjalan menuju Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata dari rumah duka di kawasan Patra Kuningan, Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Warga mulai melantunkan kalimat tauhid ketika jenazah BJ Habibie tiba di Kalibata

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Almarhum presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf habibie (B.J. Habibie) baru saja dimakamkan melalui prosesi militer di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9) siang. Banyak warga dan masyarakat antusias melayat dan menghadiri prosesi pemakaman bj habibie yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo tersebut.

Baca Juga

Para warga yang menjejali area pemakaman mulai melantunkan kalimat tauhid saat jenazah almarhum BJ Habibie tiba di TMP Kalibata. Warga juga melantunkan lagu 'Gugur Bunga' saat prosesi pemakaman BJ Habibie sedang berlangsung, yang kemudian diikuti oleh para pelayat lainnya.

Pemakaman BJ Habibie diawali prosesi militer yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo. BJ Habibie dimakamkan di samping pusaran istrinya Hasri Ainun Habibie.

Selain warga, pemakaman dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden Kelima RI Megawati soekarnoputri, dan para wakil presiden era sebelumnya dan para ibu negara.

Mereka beriringan dengan format barisan depan rombongan diawali Ibu Negara Presiden Keempat RI Sinta Nuriyah, lalu disusul Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri yang berdampingan dengan Ibu Mufidah Jusuf Kalla, dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Baru di belakangnya, disusul Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Kemudian di belakangnya, ada wakil presiden era sebelumnya yakni Budiono, Tri Sutrisno hingga Hamzah Haz.

Selain itu juga, sejumlah pejabat mulai menteri kabinet Indonesia Kerja, kepala daerah hingga duta besar negara sahabat juga nampak hadir.

Para menteri yang berdatangan antara lain Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadi Muljono, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita.

Sedangkan kepala daerah yang nampak hadir antaranya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Sebelumnya, proses pemakaman Habibie dimulai dengan penyerahan jenazah BJ Habibie dari keluarga kepada negara. Jenazah dibawa dari dalam kediaman BJ Habibie di Jalan Patra Kuningan XII/3, Kuningan, Jakarta Selatan oleh sejumlah anggota Pasukan Pengamanan Presiden berseragam merah.

Selanjutnya, para anggota Paspampres membawa jenazah BJ Habibie dalam peti yang diselimuti kain Merah Putih. Dari pihak keluarga, putra BJ Habibie, Thareq Kemal Habibie menyerahkan jenazah ayahnya.

Sekitar pukul 13.00 WIB, Jenazah diberangkatkan dari rumah duka menuju Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta.

Habibie berpulang dalam perawatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto pada Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB. Mantan menteri riset dan teknologi ini sebelumnya menjalani perawatan intensif oleh tim dokter kepresidenan di RSPAD sejak 2 September 2019.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA