Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Kemenpora Dukung Calon Pembalap F2 yang Pilih Jadi WNI

Kamis 12 Sep 2019 19:33 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi

Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Jika tampil apik di F2, bukan tak mungkin Luis mengaspal di kasta tertinggi, F1.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Imam Nahrawi mendukung Luis Leeds, jawara Formula Empat (F4), yang memilih menjadi warga negara Indonesia mengikuti sang ibu. Luis William Mahendra Leeds merupakan pembalap tim 23Red Racing berusia 19 tahun.

Ayahnya, Dean Leeds berkebangsaan Australia dan ibunya, Maria, berasal dari Nganjuk, Jawa Timur. Luis juga memasang bendera Indonesia di mobil yang dikendarainya selama membalap.

Jika tampil apik di F2, bukan tak mungkin Luis dapat mengaspal di kasta tertinggi F1, seperti yang dilakukan pembalap Ferrari, Charles Leclerc.

"Tentu Indonesia sangat memberikan dukungan penuh kepada Luis, baik saat nanti ia berusia 21 tahun untuk memilih kewarganegaraan maupun untuk tampil mewakili Indonesia di F1," kata Imam dalam keterangan resmi yang diterima Republika.co.id, Kamis (12/9).

Menurut Imam, Luis menjadi harapan besar bagi masyarakat Indonesia. Karena itu, Kemenpora akan mendampingi cita-cita Luis untuk mengharumkan nama Indonesia.

Sementara itu, mantan Wakil Menlu RI Dino Patti Djalal yang turut mendampingi mengatakan, Luis saat ini mempunyai dua paspor, Australia dan Indonesia. Pada usia 21 tahun, kata Dino, Luis harus menentukan kewarganegaraanya. Namun Luis bertekad untuk menjadi warga negara Indonesia.

"Sekarang Luis sudah menjadi juara di Kejuaraan F4 dan saat ini ia akan bertanding di kejuaraan F2, dan dua tahun lagi, saat Luis berusia 21 tahun ia akan memilih warga Indonesia. Insyaallah ia ikut kejuaraan F1 untuk mewakili Indonesia," kata Dino.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA