Sabtu, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 Desember 2019

Sabtu, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 Desember 2019

Jejak BJ Habibie dan Perpustakaan di Kota Sukabumi

Kamis 12 Sep 2019 21:38 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Andi Nur Aminah

Perpustakaan Umum Kotamadya Daerah Tingkat II Sukabumi yang diresmikan BJ Habibie saat masih menjabat sebagai Menristek

Perpustakaan Umum Kotamadya Daerah Tingkat II Sukabumi yang diresmikan BJ Habibie saat masih menjabat sebagai Menristek

Foto: Riga Nurul Iman/Republika
BJ Habibie meresmikan Perpustakaan Umum Sukabumi pada 9 M Maret 1996.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Warga Kota Sukabumi memiliki kenangan tersendiri dengan Presiden ke-3 Republik Indonesia (RI) BJ Habibie. Jejak dan kenangan mendalam ini karena BJ Habibie meresmikan Perpustakaan Umum Kotamadya Daerah Tingkat II Sukabumi pada 9 Maret 1996 lalu.

Baca Juga

Fakta ini dibuktikan dengan adanya prasasti peresmian yang ditandatangani langsung BJ Habibie. Keberadaan gedung perpustakaan tersebut hingga kini bertahan dan mengalami perkembangan yang pesat.

Pada saat peresmian gedung bersejarah, BJ Habibie didampingi istri tercinta Hasri Ainun Habibie yang melakukan pengguntingan pita. Di saat peresmian BJ Habibie didampingi Wali Kota Sukabumi pada waktu itu Udin Koswara dan Kepala UPT Perpustakaan Umum Kotamadya Dati II Sukabumi Nicke Siti Rahayu.

Bangunan yang diresmikan BJ Habibie ini bernilai istimewa karena sebelumnya bangunan perpustakaan berada di Gedung Juang 45 Sukabumi sejak 1981. Selain itu jalan yang awalnya di depan bangunan bernama Dewi Sartika pun berubah menjadi Jalan Perpustakaan.

"Kenang-kenangan BJ Habibie di Sukabumi adalah meresmikan perpustakaan umum Kota Sukabumi," ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Momen ini akan terus diingat oleh warga Kota Sukabumi.

Hingga kini, prasasti peresmian tersebut tersimpan dengan baik di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sukabumi. Pemkot dan warga Sukabumi pun merasa kehilangan dengan wafatnya BJ Habibie pada Rabu 11 September 2019.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sukabumi Nicke Siti Rahayu mengatakan, pada saat peresmian tersebut ia menjadi saksi sejarah karena ikut mendampingi BJ Habibie. "Pada peresmian Pak BJ Habibie memberikan sambutan dan Ibu Ainun yang memotong pita peresmian," kata dia.

Menurut Nicke, perpustakaan umum Kota Sukabumi kini telah dipugar beberapa kali hingga saat ini menjadi dua lantai. Rencananya pada tahun depan akan ditambah menjadi tiga lantai.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA