Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Tata Transportasi, Kemenhub Beri Penghargaan pada Daerah Ini

Ahad 15 Sep 2019 18:45 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolanda

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Gedung Kemenkopolhukam, Jakarta Pusat, Selasa (3/9).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Gedung Kemenkopolhukam, Jakarta Pusat, Selasa (3/9).

Foto: Republika/Mimi Kartika
Penghargaan Wahana Tata Nugraha Wiratama diberikan pada 15 provinsi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan penghargan kepada sejumlah kota di beberapa provinsi di Indonesia. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi nengatakan  penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) 2019 kepada 92 pemerintah daerah, Ahad (15/9) dalam rangka peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2019.

Budi menjelaskan Wahana Tata Nugraha merupakan penghargaan yang diberikan oleh pemerintah kepada provinsi dan kota atau kabupaten yang mampu menata transportasi dan fasilitas publik dengan baik. "Ini adalah upaya pembinaan bagi Kemenhub agar semua pihak itu memenuhi kriteria-kriteria yang kita berikan," kata Budi di Jakarta Convention Center (JCC), Ahad (15/9). 

Budi mengatakan dari penilaian tersebut, terdapat wilayah yang sudah maksimal. Namun, kata Budi, terdapat juga wilayah yang belum maksimal dan nantinya Kemenhub akan memantau setiap dua tahun sekali. 

Lebih lanjut, Budi menuturkan penghargaan WTN 2019 tersebut dianggap dapat menunjukkan peningkatan kinerja di setiap Provinsi, Kabupaten dan Kota. "Sejauh ini apa yang kita lakukan relatif cukup baik dan oleh karenanya dengan upaya memberikan evaluasi setelah dua tahun, ini menunjukkan peningkatan kinerja di setiap provinsi, kabupaten, dan kota," ungkap Budi. 

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan penilaian penghargaan Wahana Tata Nugraha pada tahun ini diselenggarakan selama lima hari. Penilaian dimulai pada 22-26 April 2019 kepada 152 kabupaten atau kota. 

Setiyadi menjelaskan dari hasil penilaian ditetapkan 92  pemerintah daerah yang berhak mendapatkan piala WTN 2019 kategori. Kategori pertama yakni Wiratama  diserahkan kepada pemerintah provinsi yang menerima penghargaan WTN 2019 terbanyak untuk kabupaten atau kota di dalam satu provinsi. 

"Pada tahun ini terdapat 15 provinsi terbaik yang mendapatkan penghargaan Wahana Tata Nugraha Wiratama di antaranya Provinsi Bali, Provinsi DI Yogyakarta, dan Provinsi Jawa Timur," ungkap Setiyadi. 

Selanjutnya, piala WTN Tanpa Catatan diserahkan kepada 39 kabupaten atau kota diantaranya Binjai, Medan, dan Palembang. Lalu piala Wahana Tata Nugraha (WTN) Dengan Catatan diserahkan kepada kabupaten atau kota. Beberapa di antaranya yaitu Kabupaten Probolinggo (perbaikan pada bidang angkutan dan umum), Kabupaten Pacitan (perbaikan pada bidang sarana), dan Kabupaten Tanah Laut (perbaikan pada bidang lalu lintas, angkutan dan prasarana).

Selain penganugerahan penghargaan Wahana Tata Nugraha,  Kemenhub juga memberikan Penganugerahan Bidang Transportasi Darat 2019 dengan kategori diantaranya adalah pemilihan Abdiyasa Teladan 2019 yang diserahkan kepada empat orang pengemudi atu awak kendaraan angkutan umum, Penghargaan Angkutan Orang terbaik 2019 yang diserahkan kepada sembilan perusahaan. Penghargaan Angkutan Barang Terbaik  2019 yang diserahkan kepada sembilan perusahaan, serta 0enghargaan Angkutan Penyeberangan yang diserahkan kepada tiga perusahaan.

Sementara itu, Gubernur Khofifah Indar Parawansa yang datang langsung menghadiri penghargaan tetsebut menilai dapat menerima penghargaan karena adanya upaya intensif. "Terutama saat menjelang lebaran lalu secara khusus Menhub dan Bu Menkes juga dua kali datang rakor," ungkap Khofifah. 

Selain itu, Khofifah mengatakan saat mudik tahun ink Dinas Perhubungan Jawa Timur juga melakukan pemetannya secara detil. Khofifah menuturkan pada dasarnya kerja sam  tersebut sudah dilakukan sebelumnya hanya perlu disingkronkan saja.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA