Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

DPR Sebut Papua Nugini Dukung Papua Bagian NKRI

Senin 16 Sep 2019 05:15 WIB

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Andri Saubani

Wakil Ketua Komisi I DPR RI Satya Widya Yudha

Wakil Ketua Komisi I DPR RI Satya Widya Yudha

Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Komisi I DPR belum lama ini berkunjung ke Papua Nugini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi I DPR RI melakukan kunjungan ke Papua Nugini untuk menemui Menteri Luar Negeri Papua Nugini, Soroi Mareppo. DPR RI memastikan dukungan resmi negara Papua Nugini agar Papua tetap menjadi bagian NKRI.

"Posisi resmi Negara PNG adalah mendukung Papua dan Papua Barat bagian dari NKRI," ujar Wakil Ketua Komisi I DPR RI Satya Widya Yudha, Jakarta, Ahad (15/9).

Menurut Satya, pertemuan yang juga dihadiri anggota Komisi I DPR RI dari PDIP Evita Nursanti dan Politikus PKS Sukamta itu berjalan baik. Ia menklaim, menteri luar negeri Papua Nugini, Soroi Mareppo mendukung posisi Indonesia dalam permasalahan Papua.

"Pertemuan berjalan baik dan friendly, beliau mendukung posisi Indonesia untuk masalah Papua," kata Satya.

Di samping bicara soal Papua, pertemuan itu juga membicarakan soal peningkatan hubungan ekonomi dan juga Parlemen di kedua negara. "Ingin mewujudkan adanya penerbangan langsung dari Indonesia PNG," kata dia.

Seperti diketahui, ekskalasi konflik di Papua juga menjalar sampai ke negara tetangga, Papua Nugini. Masyarakat Papua Nugini bahkan melakukan demonstrasi untuk mendukung lepasnya Papua dari Indonesia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA