Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Pesawat Belum Diizinkan Mendarat di Bandara Supadio

Senin 16 Sep 2019 09:33 WIB

Red: Nora Azizah

Sejumlah pengendara motor mengenakan masker saat melintasi jembatan yang diselimuti kabut asap di Pontianak, Kalbar

Sejumlah pengendara motor mengenakan masker saat melintasi jembatan yang diselimuti kabut asap di Pontianak, Kalbar

Foto: Antara/Jessica Helena Wuysang
Jarak pandang diketahui hanya 550 meter.

REPUBLIKA.CO.ID, KUBU RAYA -- Kabut asap masih menyelimuti Kalimantan Barat termasuk di Bandara Internasional Supadio di Kubu Raya pada Senin (16/9). Jarak pandang diketahui hanya 550 meter yang mengakibatkan belum ada satu pun pesawat diizinkan mendarat.

"Jarak pandang yang ada masih di bawah jarak batas aman penerbangan. Jarak pandang yang aman minimal 1.000 meter," ujar Plt Kadiv Operasional Bandara Internasional Supadio Pontianak, Didi Herdiansyah di Kubu Raya, Senin (16/9).

Ia menyebutkan sampai pukul 08.00 WIB ini seharusnya sudah ada empat penerbangan kedatangan harus mendarat di Bandara Internasional Supadio Pontianak. "Namun karena jarak pandang rendah atau turun karena kabut asap hingga kini belum ada pendaratan. Bahkan ada beberapa penerbangan sebelumnya telah mengajukan pembatalan dan tidak ada jadwal penerbangan ke sini karena alasan cuaca," jelas dia.

Sementara, kata dia, sejauh ini untuk keberangkatan sendiri baru hanya satu penerbangan saja yakni maskapi Garuda Indonesia rute Pontianak-Jakarta. "Penerbangan G501 rute Pontianak - Jakarta dilakukan pukul 6.34 WIB," kata dia.

Sementara satu hari sebelumnya Ahad (15/9) hingga pukul 08.00 WIB, terdapat 10 penerbangan yang bisa dilakukan di antaranya tujuh keberangkatan dan tiga kedatangan. Kemudian pada 08.00 WIB - 17.00 WIB ada 37 penerbangan yang terdampak berupa pembatalan penerbangan yang terdiri keberangkatan sendiri terdapat 19 penerbangan. Sedangkan 18 penerbangan yang akan datang batal.

"Sementara untuk yang tertunda akibat kabut asap total ada 13 penerbangan yang terdiri enam keberangkatan dan tujuh kedatangan," jelas dia. Kemudian di atas 17.00 WIB penerbangan di Bandara Internasional Supadio Pontianak kembali normal hingga malam dengan total penerbangan ada 13 keberangkatan dan 16 kedatangan.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA