Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Donat Kentang Gang Pelangi Ini Cocok Temani Anak Belajar

Selasa 17 Sep 2019 11:49 WIB

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

 industri kuliner rumahan yang berada di Jalan Cigugur Tengah Rt/Rw 01/14 Gang Pelangi No. 44 ini adalah salah satu yang memproduksi aneka donat berbahan kentang.

industri kuliner rumahan yang berada di Jalan Cigugur Tengah Rt/Rw 01/14 Gang Pelangi No. 44 ini adalah salah satu yang memproduksi aneka donat berbahan kentang.

Tekstur donatnya benar-benar lembut sehingga cocok sekali dinikmati oleh anak kecil sekalipun.

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Aneka donat biasanya diolah menggunakan tepung terigu berprotein rendah. Namun apa jadinya bila donat dibuat dari campuran kentang dan tepung berprotein tinggi ? Apa rasanya menjadi biasa atau bahkan menjadi luar biasa? 

Sebuah industri kuliner rumahan yang berada di Jalan Cigugur Tengah Rt/Rw 01/14 Gang Pelangi No. 44 ini adalah salah satu yang memproduksi aneka donat berbahan kentang. Selain bahan dasar yang berbeda, bentuknya pun unik. Donat ini dicetak menyerupai huruf abjad, sehingga cocok sekali sebagai sarana edukasi bagi anak-anak.

Penulis melihat langsung bagaimana proses produksi dari awal sampai donat siap dihidangkan. Pertama masukan dua buah kentang yang sudah ditumbuk ke dalam wadah. Kemudian tambahkan satu buah kuning telur. Mengapa harus kuning telur ? karena ini adalah bagian terbaik yang menjadikan adonan lembut. 

Setelah itu, tambahkan tepung terigu berprotein tinggi sekitar ¼ kg, 4 sendok makan mentega, 1 sendok makan ragi, gula putih dan air es secukupnya. 

Campuran bahan kemudian di-mixer selama 30 menit. Setelah adonan bagus, langsung saja dibentuk menggunakan cetakan. Tunggu sekitar satu jam agar donat menjadi mengembang. Kemudian panggang donat dalam oven sampai matang. Donat kemudian diolesi toping menggunakan coklat cair.

AYO BACA : Kabobs Premium, Mengenyangkan dan Rasanya Melilit Lidah!

Bisnis yang bermula dari mengisi waktu luang ini, justru membuahkan income bagi pemilikya Siti Nur Aeni.

Home industry ini selain membuat aneka donat juga menyediakan cokelat karakter dengan bentuk yang cantik. Dijamin deh semua kalangan pasti suka. Sistem pemesananya adalah dengan PO. Jika tidak sibuk, satu pack donat bisa dikirim dalam satu hari. Biasanya pemesanan ramai ketika ada momen tertentu. Pemilik mengungkapkan bisa sampai kewalahan saat memproduksinya.

“Bisnis ini dimulai ketika hamil tujuh bulan. Mungkin dari bawaan anak. Soalnya pertama banyak diam yah ngaak ada kegiatan. Pas masuk tujuh bulan ada ide bikin cokelat. Nah di usia delapan bulan ide bikin donat. Kalau pemesanan paling banyak pas hari-hari tertentu kaya valentine dan hari ibu. Pokoknya kewalahan pisan. Soalnya produksi dilakukan sendiri,” ungkap Siti saat ditemui ayobandung, Senin (16/9) siang.

Toping dari donat huruf ini benar-benar cantik. Pemilihan warna dan motifnya memunculkan degradasi warna yang pas. 

Satu donat berhuruf C mulai penulis cicipi. Tekstur donatnya benar-benar lembut sehingga cocok sekali dinikmati oleh anak kecil sekalipun. 

Cokelat bewarna kuning yang menghiasi bagian atas donat rasa manisnya pas tidak berlebihan. Terasa seperti cokelat yang berpadu dengan rasa buah pisang. Rasa dari kentang tetap ada namun tidak dominan dan yang paling penulis sukai adalah donatnya tidak membuat serat di tenggorokan. Meskipun penulis dalam waktu dekat langsung menghabiskan tiga potong banget.

Buat yang penasaran dengan rasanya, langsung saja datang ke rumah pemilik yang tercantum diatas. Patokannya adalah Salon Julian, setelah sampai disana tinggal masuk saja ke dalam gang. Namun bagi yang tak punya cukup waktu, bisa juga langsung kepoin instagramnya di @akhdan_choco atau bisa menghubungi no whatsApp di 089688986867. (Dias Ashari/magang)

AYO BACA : Hello Odading, Jajanan Tradisional yang Disulap Menjadi Kuliner Kekinian

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA