Senin, 22 Safar 1441 / 21 Oktober 2019

Senin, 22 Safar 1441 / 21 Oktober 2019

Warga Kota Tangerang Jangan Ketinggalan Uji Emisi Gratis

Selasa 17 Sep 2019 11:45 WIB

Rep: Abdurrahman Rabbani/ Red: Ani Nursalikah

Petugas mengukur emisi kendaraan saat uji emisi.

Petugas mengukur emisi kendaraan saat uji emisi.

Foto: Republika/ Wihdan
Kegiatan uji emisi memiliki target menguji 2.000 kendaraan dalam tiga hari.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melaksanakan uji emisi gratis di Jalan MH Thamrin, Kota Tangerang, Selasa (17/9). Kegiatan ini sebagai upaya Pemerintah Kota Tangerang mengendalikan sekaligus antisipasi pencegahan kualitas udara yang buruk.

“Kegiatan ini terdiri dari tiga sub kegiatan, pertama pengujian emisi kendaraan bermotor, kemudian roadside monitoring atau kualitas udara pinggir jalan, dan traffic counting atau pengukuran kinerja lalu lintas,” ucap Pemantau Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang, Jarkasih Kasi, Selasa.

Menurutnya, kegiatan uji emisi memiliki target menguji 2.000 kendaraan dalam tiga hari. Kendaraan yang diuji emisi ini meliputi kendaraan mobil berkategori M atau mobil penumpang dan mobil untuk kategori N atau mobil angkutan barang.

Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari dimulai dari 17-19 September 2019. Kegiatan tersebut dilaksanakan di tiga tempat yang berbeda.

“Untuk hari ini, akan diadakan di Jalan M H Thamrin. Untuk tanggal 18 akan berlangsung di Jalan Sudirman, tepatnya depan komplek imigrasi. Tanggal 19 akan berlangsung di Jalan Imam Bonjol, tepatnya di depan Komplek Palm Semi,” ucapnya.

Kegiatan hari ini ditargetkan diikuti 800 kendaraan. Kemudian, untuk kegiatan di Jalan Sudirman target sebanyak 700 kendaraan dan 500 kendaraan di Jalan Imam Bonjol sebanyak.

Jarkasih juga mengatakan, kegiatan ini bertujuan mengendalikan kualitas udara dari pencemaran yang terjadi. Menurutnya, penyumbang polusi paling banyak dihasilkan oleh kendaraan bermotor.

“Tujuan kegiatan ini sebagai upaya pemerintah kota mengendalikan upaya antisipasi pencegahan dari menjaga kualitas udara ambien, dari sektor emisi gas buang dimana untuk emisi gas buang ini paling banyak telah dihasilkan oleh pengendara sebagai penyumbang pencemaran udara,” Kata Jarkasih.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA