Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Soal Dewas KPK, Moeldoko: Tiap Organisasi Harus Ada Pengawas

Selasa 17 Sep 2019 16:57 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani

Moeldoko

Moeldoko

Foto: Dok. Republika
Dewan pengawas diperlukan untuk mengawasi dan mengontrol kinerja lembaga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko menilai keberadaan dewan pengawas diperlukan di setiap organisasi, termasuk di tubuh KPK. Dewan pengawas tersebut, kata dia, diperlukan untuk mengawasi dan mengontrol kinerja lembaga.

“Semua organisasi itu ada pengawasnya. Organisasi demit aja yang gak ada pengawasnya. Semua organisasi itu harus ada pengawasnya, terkontrol dengan baik,” ujar Moeldoko di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Selasa (17/9).

Meski demikian, Moeldoko yakin keberadaan dewan pengawas tersebut tak akan menghambat kinerja KPK. Ia mengatakan, tak akan ada lembaga yang dikekang dan dirugikan dengan adanya dewan pengawas.

“Saya pikir enggaklah. Tidak ada yang dikekang, Tidak ada yang dirugikan karena KPK sebagai lembaga yang semua orang mempercayainya harus dijaga kepercayaannya tidak boleh kurang sedikitpun,” ungkapnya.

Ia mengatakan, KPK sebagai lembaga yang sangat dipercaya oleh masyarakat pun juga harus dijaga kepercayaannya, salah satunya dengan pengawasan dari dewan pengawas KPK.

Nantinya, Presiden akan membentuk tim seleksi untuk mencari orang-orang yang tepat guna mengawasi KPK. Hasil dari seleksi tersebut akan diserahkan kepada Presiden yang kemudian akan menentukan nama-nama yang kredibel untuk diangkat sebagai dewan pengawas.

“Nanti presiden akan menentukan siapa-siapa yang kira-kira kredibel memiliki legitimasi yang kuat di hadapan masyarakat, di publik, memiliki trust yang tinggi, itu lah kira-kira kriteria-kriteria,” jelas dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA