Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Mengenal Valiandayra, Atlet Sepatu Roda Cilik Asal Purwakarta

Rabu 18 Sep 2019 05:28 WIB

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

 Valiandayra, Atlet Sepatu Roda Cilik Asal Purwakarta

Valiandayra, Atlet Sepatu Roda Cilik Asal Purwakarta

Atlet sepatu roda Valiandayra telah mengikuti kejuaraan sejak usia enam tahun

PURWAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Olahraga sepatu roda banyak digemari anak-anak atau remaja. Mereka biasanya bermain sepatu roda sebagai hobi dan untuk mengisi waktu luang.

Namun berbeda dengan Valiandayra yang biasa dipanggil Valiand. Putri pertama pasangan suami istri Herpan Sudadi (38) dan Monalia (36) warga Kaum Kidul, Kelurahan Cipaisan, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta itu menggeluti olahraga sepatu roda hingga berhasil mendulang prestasi dari berbagai macam perlombaan.

Meski baru duduk di bangku kelas 1 sekolah dasar (SD) namun teknik dan kemampuannya dalam bersepatu roda tidak bisa dipandang sebelah mata.

Herpan Sudadi, ayah dari Valiand mengaku, anaknya mulai menggeluti sepatu roda saat usia 4 tahun. Valiand kemudian mulai mengikuti kejuaraan sejak usia enam tahun.

“Awalnya Valiand sering melihat Klub Maung Roller Skate (MARS) Purwakarta latihan di Alun-alun Kabupaten Purwakarta, dari sana timbul kemauan Valiand untuk berlatih sepatu roda. Karena kami liat Valiand suka dan mempunyai bakat maka kami masukan di Klub MARS Purwakarta,"ujar Herpan, Rabu (17/9/2019).

AYO BACA : Sering Terjadi Kecelakaan di Tol Cipularang, Polres Purwakarta Gelar Doa Bersama

Selama di klub tersebut, kegigihan Valiand dalam berlatih cukup tinggi sehingga kemampuan bermain sepatu rodanya mulai berkembang. Harpan menambahkan, setelah dua tahun berlatih di Klub MARS Purwakarta, Valiand pun mengikuti berbagai lomba sepatu roda di dalam maupun luar kota.

"Awal medali yang Valiand torehkan pada ajang Kejuaraan Antar Klub Se-Indonesia, di Kelas Pemula 100 meter Sprint V3 Open National Inline Skate Competition tahun 2017, yang berlangsung di lintasan Sepatu roda GOR Patriot Kota Bekasi. Dari kejuaraan tersebut Valiand mendapatkan Juara ke-2 dan berhasil meraih medali perak," kata Herpan.

Medali kedua, lanjut dia, pada kejuaraan antar Klub Se-Indonesia tahun 2018 di Kelas Pemula 100 meter Sprint, Kejuaraan Sepatu roda Piala Wali Kota Bekasi, dengan meraih posisi juara 3. "Anak kami berhasil meraih medali perunggu," ucap dia.

Prestasi yang berhasil torehkan tidak cukup sampai di sana. Pada  2018 Valiand meraih Medali Perak, dengan menduduki Juara ke-2 pada Kelas Pemula 100 meter Sprint, Kejuaraan Bupati Bekasi Open.

"Nah Valiand juga berhasil meraih Medali Emas 100 meter Sprint, Medali Perak 200 meter Sprint dan Medali Perunggu 1000 meter Sprint di kejuaraan Super Brands Smart Festival tahun 2018 di Lintasan Sepaturoda GOR Saparua Kota Bandung," ungkap dia.

AYO BACA : Izin Bermasalah, Pabrik Garmen di Purwakarta Disegel

Harpan menyebut, Valiand juga meraih medali emas dengan menduduki Juara ke-1 di Kelas Pemula 100 meter Sprint V3 Open National Inline Skate Competition pada tahun 2018 dan medali emas diraih Valiand di Kelas Pemula 100 meter Sprint B-Blades Open tahun 2018.

"Awal tahun 2019 Valiand berhasil menyabet Juara ke-2 dengan memperoleh medali perak di kelas Speed A ITT 500 meter Sprint di kejuaraan Roller Sport Competition Kabupaten Bekasi Night Race," ujar dia.

Di tahun yang sama, kata Harpan, Medali Perak disabet Valiand di Kelas Speed A 500 meter Putri Kejuaraan Sepatu roda antar pelajar tingkat Junior Purwakarta pada 2019 di Lapangan Pasar Induk Cikopo, Purwakarta.

"Medali Perunggu diraih Valiand atas torehan Juara ke-3 di kelas Speed A 500 meter Putri, pada Kejuaraan Nasional Piala Surono (Surono Cup) 2019 di Lintasan Sepaturoda Grand Wisata Kabupaten Bekasi. Jadi di total ada 11 medali yang berhasil diraih Valiand," kata dia.

Prestasi yang diraih Valiandayra bukan tanpa hambatan. Salah satu hambatannya yakni tidak adanya fasilitas berlatih memadai di Kabupaten Purwakarta.

Peranan pemerintah sampai saat ini belum maksimal terutama dalam hal pembinaan, dan penyediaan sarana dan prasarana penunjang latihan. Harpan pun berharap mudah-mudahan ke depan melalui kepengurusan KONI, pemerintah akan hadir dan memberikan perhatian khusus untuk cabor sepatu roda.

"Semoga ke depan para pemangku kebijakan bisa memberikan ruang yang berimbang untuk generasi muda Purwakarata yang memilih jalur olahraga sebagai jalan untuk berprestasi mengembangkan potensi diri di masa depan," ujar pria yang menjabat sebagai Sekretaris di Klub Maung Roller Skate (MARS) Purwakarta.

AYO BACA : Distarkim Purwakarta Butuh 3 Payung Hukum untuk Perawatan JPU

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA