Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Kota Padang Jadi Lokasi Finis Tour de Singkarak

Kamis 19 Sep 2019 02:20 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Tour de Singkarak (TdS) 2017.

Tour de Singkarak (TdS) 2017.

Foto: ANTARA/Iggoy el Fitra
Tour de Singkarak 2019 digelar pada 2-10 November 2019.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Kota Padang, Sumatera Barat ditetapkan sebagai lokasi finis dan penutupan kejuaraan balap sepeda internasional Tour de Singkarak 2019. Lokasi tepatnya di kawasan Danau Cimpago Pantai Padang pada 10 November.

"Pada acara penutupan tersebut juga akan digelar sejumlah hiburan termasuk menghadirkan artis Minang Kintani," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Arfian di Padang, Rabu (18/9).

Ia memaparkan pada etape sembilan tersebut start dari Painan, Kabupaten Pesisir Selatan kemudian menuju Padang melewati Kawasan Wisata Mandeh.

Tiba di Bungus pebalap melewati Gaung,By pass, Lubuk Begalung, Pisang, Kampung Kalawi, Alai, Simpang Jam Ria, Jalan Raden Saleh, Jalan Veteran, Jalan Pemuda, Jalan Diponegoro, Jalan Hayam Wuruk, Jalan Nipah, Muaro dan berakhir di Jalan Samudra.

Ia menyampaikan jika pada pelaksanaan sebelumnya di Padang semua pebalapmengitari jalan kota beberapa kali, khusus untuktahun ini hanya satu kali saja. Hal ini setelah mempertimbangkan masukan dari masyarakat yang terganggu karena jalan ditutup terlalu lama sehingga menghambat mobilitas.

Terkait persiapan yang dilakukan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Padang memastikan rute yang dilewati kondisi jalannya layak dilewati pebalap. "Jika ada yang rusak akan dilakukan perbaikan sebelum hari pelaksanaan," kata dia.

Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan Kepolisian untuk penutupan jalur dan jalur alternatif bagi pengendara saat perlombaan berlangsung.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata Arief Yahya menyampaikan Tour de Singkarak (TdS) 2019 pada 2-10 November menjadi ajang mempromosikan pariwisata dua provinsi sekaligus, yakni Sumatera Barat dan Jambi.

"TdS tahun ini telah memasuki tahun penyelenggaraan ke-11 dan penyelenggaraannya semakin diperluas jangkauannya hingga sembilan etape yang melintasi 16 kabupaten dan kota di Sumatera Barat dan dua kabupaten di Jambi," kata dia.

Ia menyebutkan TdS merupakan wisata olahraga berhadiah total sebesar Rp2,3 miliar, yang efektif mempromosikan pariwisata, dengan menampilkan atraksi budaya, kuliner, dan olahraga.

Gubernur Sumatera Barat IrwanPrayitno mengatakan TdS 2019 merupakan kegiatan unggulan Sumbar dan tahun ini pihaknya berkolaborasi dengan Provinsi Jambi. Ada dua kabupaten yang terlibat yaitu Kerinci dan Sungai Penuh. Balapan sendiri terbagi atas sembilan etape dan start di Pantai Gandoriah, Kota Pariaman.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA