Sabtu, 28 Jumadil Akhir 1441 / 22 Februari 2020

Sabtu, 28 Jumadil Akhir 1441 / 22 Februari 2020

TNI/Polri dan KKSB Baku Tembak di Ilaga

Kamis 19 Sep 2019 09:35 WIB

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Muhammad Hafil

Prajurit TNI, ilustrasi

Prajurit TNI, ilustrasi

Baku tembak terjadi di Ilaga.

REPUBLIKA.CO.ID, ILAGA -- Satuan Tugas Penegakan Hukum (Satgas Gakkum) gabungan TNI-Polri terlibat kontak tembak dengan kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB). Kali ini, kontak tembak terjadi di Kampung Olenki, Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua.

"Pada Selasa (17/8) telah terjadi kontak tembak antara Satgas Gakkum gabungan TNI-Polri dengan KSB OPM dari kelompok militer Murib di Kampung Olenki, Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua," ujar Kapendam XVII/Cenderawasih, Letnan Kolonel CPL Eko Daryanto, Kamis (19/8).

Eko menjelaskan, kontak tembak bermula ketika KKSB mulai menembak secara tak terarah ke tim gabungan. Tim gabungan saat itu sedang mendekat ke posisi kelompok tersebut yang berasa di sebuah honai di dekat sungai.

"Akibat tembakan balasan dari tim gabungan, kelompok KSB melarikan diri berpencar ke arah hutan sambil terus menembak secara sporadis," kata dia.

Menurut Eko, setelah kontak tembak selesai, tim menemukan tujuh orang masyarakat sipil dalam kondisi luka tembak. Melihat itu, tim gabungan bersama masyarakat lainnya melakukan evakuasi korban ke Puskesmas Ilaga untuk menerima perawatan medis.

"Kodam XVII/Cenderawasih tidak henti-hentinya mengajak seluruh elemen masyarakat Papua untuk menjaga kondusifitas demi tercapainya kedamaian di Tanah Papua," jelasnya.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA