Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Panglima TNI Ziarah ke Makam Soeharto

Kamis 19 Sep 2019 14:15 WIB

Red: Teguh Firmansyah

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto

Foto: Dok Puspen TNI
Kegiatan ziarah merupakan bagian dari peringatan HUT ke-74 TNI.

REPUBLIKA.CO.ID, KARANGANYAR -- Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto berziarah ke makam Presiden kedua RI Soeharto di Astana Giribangun Metesih Kabupaten Kranganyar. Ia berziarah dalam rangka peringatan HUT ke-74 TNI, Kamis (19/9).

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto didampingi para petinggi TNI, antara lain Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Siwi Sukma Aji dan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letnan Jenderal TNI Besar Harto Karyawan.

Baca Juga

Selain itu hadir pula Aster KSAD Mayjen TNI Bakti Agus Fajari, Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, Pangdam IV/Doponegoro Mayjen TNI Mochammad Effendi, dan bersama jajarannya.

Panglima setibanya di Makam Astana Giribangun langsung memimpin upacara ziarah yang diawali dengan memberikan karangan bunga di ruangan makam Soeharto dan Ibu Tien Soeharto. Acara dilanjutkan memberikan penghormatan dan doa bersama.

Pada acara ziarah ke makam Presiden kedua RI Soeharto diakhiri dengan tabur bunga yang diawali oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto kemudian diikuti para petinggi TNI dan kemudian para istri petinggi TNI yang ikut bersama rombongan.

Menurut Kepala Penerangan Korem 074 Warastratama Mayor Inf Mantang kegiatan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama para petinggi TNI di makam Presiden kedua RI Soeharto dalam rangka peringatan HUT ke-74 TNI.

Selain itu, kegiatan ziarah ini, untuk mengenang Soeharto sebagai Presiden kedua RI. Kegiatan ziarah oleh Panglima Hadi Tjahtjanto merupakan yang ketiga, setelah sebelumnya dilaksanakan di makam Presiden pertama Soekarno di Blitar, Presiden keempat KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Jombang Jatim, kemudian ke Giribangun Karanganyar ini.

Panglima bersamapetinggai TNI setelah ini langsung menuju Taman Makam Pahlawan Nasional Kusuma Negara Yogyakarta atau tempat makam Jenderal Besar Soedirman.

Kegiatan ziarah ke makam para tokoh bangsa ini, sudah dilaksanakan sejak kepemimpinan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Kini Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, melaksanakan sudah yang kedua kalinya. 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA