Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

UBSI Gelar Seminar Motivasi (Semot) 2019

Kamis 19 Sep 2019 20:04 WIB

Red: Irwan Kelana

UBSI menggelar seminar motivasi (Semot) 2019.

UBSI menggelar seminar motivasi (Semot) 2019.

Foto: Dok UBSI
Kuliah itu harus happy harus enjoy, jangan jadi tekanan.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Masa-masa awal penerimaan mahasiswa baru (Maba) di kampus-kampus di Indonesia biasanya dimulai dengan acara orientasi mahasiswa baru.

Upaya yang dilakukan oleh Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) diberi nama Orientasi Akademik (Ormik)  yang digelar  di seluruh kampus UBSI, dan Seminar Motivasi (Semot) yang diadakan  di BSI Convention Center, Kaliabang, Bekasi, Jawa Barat, Ahad (15/9).

Rektor UBSI,  Dr  Mochamad Wahyudi MM,  MKom,  MPd mengatakan, kampus UBSI mendesain konsep baru dalam proses menerima mahasiswa baru.

"Kuliah itu harus happy, harus enjoy, jangan jadi tekanan," kata rektor UBSI dalam  sambutannya di depan seluruh mahasiswa baru UBSI 2019.

Ia juga melarang kakak tingkat di UBSI melakukan hal-hal perudungan, baik saat masa-masa awal perkuliahan atau saat proses perkuliahan yang nantinya berlangsung di UBSI.

"Mereka harusnya diberikan motivasi dan semangat untuk memulai perkuliahan awal mereka, bukan malah dibuat proses yg aneh-aneh. Maka dari itu UBSI menyelenggarakan Semot ini," lanjutnya dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

photo
Suasana seminar motivasi (Semot) 2019 yang diadakan oleh UBSI.

Semot kali ini dibuka dengan penampilan dari paduan suara mahasiswa (PSM) UBSI, hingga membuat maba UBSI  lebih antusias. Lalu acara dilanjutkan dengan materi seminar motivasi yang disampaikan oleh Aan Rahman dan Youtuber dari channel 'Garasidrift' yakni  Ziko dan Dipo.

"Sekarang, generasi milenial dan gen Z, lebih memilih profesi sebagai seorang Youtuber. Itu karena banyaknya profesi baru yang muncul di era generasi milenial dan generasi Z saat ini," kata Aan.

Aan menambahkan ,  motivasi untuk menyelesaikan kuliah tepat waktu harus terus dipegang teguh oleh para mahasiswa baru. “Melalui Semot  ini, semoga teman-teman tetap semangat  saat proses perkuliahan nanti,” ujarnya.

Sementara Youtuber dari Garasidrift memberi motivasi agar mahasiswa lebih aktif dalam kegiatan di kampus.

"Usia produktif harusnya diisi juga dengan kegiatan yang lebih produktif. Jangan jadi mahasiswa kupu-kupu," katanya.

Mahasiswa kupu-kupu (kuliah-pulang kuliah-pulang) merupakan sebutan bagi mahasiswa yang tidak aktif.  Setelah kuliah mereka langsung pulang.

Dipo menegaskan,  keterbatasan bukan halangan untuk melakukan sesuatu. "Jangan pernah meremehkan diri sendiri, keterbatasan bukan menjadi halangan. Lakukan saja," kata Dipo saat menyampaikan pengalamannya menjadi Youtuber.

Kedua nara sumber itu dihadirkan untuk memotivasi mahasiswa baru UBSI agar bisa berkarya, di usia produktif mereka. Seperti Ziko dan Dipo yang sukses menjadi Youtuber  di tengah kesibukan  kuliahnya masing-masing.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA