Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Ini Tiga Besar Calon Rektor UI

Jumat 20 Sep 2019 06:26 WIB

Rep: Haura/ Red: Teguh Firmansyah

Universitas Indonesia

Universitas Indonesia

Foto: Republika/Aditya
MWA melakukan penilaian dengan tiga komponen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia (MWA UI) menetapkan tiga besar calon rektor terpilih periode 2019-2024 pada Kamis (19/9) di gedung sekolah pascasarjana, kampus UI Salemba, Jakarta Pusat. Ketiga calon rektor tersebut  yakni  Abd Haris, Ari Kuncoro, dan Budi Wiweko.

Ketua MWA, Saleh Husin, mengatakan, proses yang dilakukan untuk presentasi para calon rektor berlangsung dari siang hingga sore. Setiap calon rektor mempresentasikan pandangannya selama 10 menit. Kemudian, dilanjutkan dengan tanya jawab oleh empat panelis selama maksimum 20 menit. 

"Dan itu dilakukan semuanya," katanya di aula gedung sekolah pascasarjana, kampus UI Salemba, Jakarta Pusat. 

Sebelum dimulai, kata Saleh, tujuh calon rektor telah diundi urutannya. Usai melakukan presentasi dari tujuh calon rektor tersebut, semua anggota MWA UI menilai hasil dari paparan tersebut secara transparan,

Semua MWA UI melakukan penilaian akhir dengan tiga komponen yaitu persentasi dari masing-masing calon rektor, karakter assessment yang dilakukan oleh lembaga penilaian, dan kompetensi penilaian yang sudah dilakukan oleh lembaga asesment. 

Penilaiannya menggunakan bobot. Terdapat bobot nilai persentasi dengan jumlah 60 persen, bobot untuk karakter 20 persen, dan kompetensi 20 persen. "Semua proses ini MWA UI menyaksikan dan menilai ketujuh calon tersebut. Dan dengan kesepakatan bersama kami memilih tiga besar calon rektor hari ini," kata dia.

Rektor UI sekaligus anggota MWA UI, Muhammad Anis, mengatakan, bersyukur  menyaksikan presentasi ketujuh calon rektor tersebut dan menetapkan tiga besar calon rektor yang sudah ditetapkan oleh kesepakatan bersama.

"Saya sampaikan syukur kepada Allah SWT sudah ditetapkan ketiga calon rektor tersebut. Saya ikut menyaksikan dengan transparan, akuntanbel serta riang gembira. Sesuai dengan peraturan terdapat tanya jawab antara calon rektor dengan para panalis," kata dia.

Sebagai tahapan akhir pada proses pemilihan rektor, UI akan menggelar debat publik tiga calon rektor UI di Balai Sidang UI kampus Depok pada 25 September 2019.

Agenda ini terbuka untuk umum dan diperkenankan bagi sivitas akademika dan masyarakat umum untuk hadir dan turut menjadi saksi proses Pemilihan Rektor UI Periode 2019 -2024. Lalu, penetapan Rektor UI terpilih akan dilakukan pada hari yang sama yaitu 25 September 2019, setelah pelaksanaan debat publik.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA