Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Republika Kembali Gelar 30 Menit Lancar Membaca Alquran

Sabtu 14 Sep 2019 13:55 WIB

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Gita Amanda

pelatihan 30 Menit Lancar Membaca Alquran yang diasuh oleh Ustaz Ahmad Farid Hasan.

pelatihan 30 Menit Lancar Membaca Alquran yang diasuh oleh Ustaz Ahmad Farid Hasan.

Foto: Ratna Ajeng T/Republika
Dalam mempelajari Alquran yang terpenting adalah dengan mengucapkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Republika kembali menyelenggarakan pelatihan 30 Menit Lancar Membaca Alquran yang diasuh oleh Ustaz Ahmad Farid Hasan. Sebanyak tujuh peserta antusias ikut serta dalam mempelajari Alquran dengan metode belajar singkat. Kegiatan ini bertempat di Gedung Republika, Jl Warung Buncit Raya No 37, Jakarta Selatan, Sabtu (14/9).

Kegiatan kali ini telah memasuki angkatan 91, setiap peserta mendapatkan pengarahan singkat kemudian mulau mempelajari dengan mengenal huruf hijaiyah dan tanda bacanya. "Dalam mempelajari Alquran atau bahasa itu yang paling penting adalah dengan mengucapkan, tidak perlu untuk memikirkannya dahulu,"jelas dia kepada peserta pelatihan.

Setelah mempelajari teori, tentu harus segera mempraktikkanya. Menurut Ustaz Ahmad, mempraktikan membaca Alquran itu tidak boleh ditunda, karena bisa jadi teori tidak lagi berguna karena sudah lupa.

Ustaz Ahmad mengenalkan huruf hijaiyah dengan metode yang mudah diingat. Dia memberikan contoh menggunakan huruf latin dan benda-benda dalam keseharian.

Tanya jawab di antara peserta pun terjadi di tengah satu jam pengenalan tersebut. Setelahnya Ustaz Ahmad memberikan satu ayat Alquran untuk mempraktikan pengenalan tersebut.

Pelatihan ini akan berlangsung hingga pukul 17.00 WIB. Seluruh peserta baru akan mempelajari tajwid setelah Ashar.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA