Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

BNPB Ungkap Pola Pembakaran Hutan dan Lahan

Jumat 20 Sep 2019 15:18 WIB

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Muhammad Hafil

Perahu nelayan berlayar di perairan Teluk Jakarta dengan latar kabut asap polusi yang menyelimuti Kota Jakarta.

Perahu nelayan berlayar di perairan Teluk Jakarta dengan latar kabut asap polusi yang menyelimuti Kota Jakarta.

Foto: Yogi Ardhi/Republika
Pembakaran terlihat sangat teratur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkap pola kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kalimantan. Di mana, pembakaran terlihat teratur dan hanya membakar di luar daerah perkebunan.

Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo mengatakan, Kepala BNPB Doni Monardo melakukan kunjungan kerja di Kalimantan untuk memastikan penanganan karhutla berlangsung dengan baik. Kemudian dalam perjalanan dengan helikopter dari Banjarmasin ke Palangkaraya beliau mendokumentasikan hutan dan lahan yang terbakar.

Baca Juga

"Terlihat dari pola karhutla bahwa hutan dan lahan sengaja dibakar, terlihat dari pola yang teratur dan hanya membakar di luar daerah perkebunan," ujarnya seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Jumat (20/9).

Tak hanya itu, ia menyebut lahan yang dilalap api juga dekat dengan perkebunan yang sudah ada. Tak hanya memantau hutan dan lahan yang dibakar, Agus menyebutkan Kepala BNPB juga menyempatkan diri mengunjungi puskesmas yang merawat anak-anak yang terkena infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) karena dampak asap karhutla.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA