Kamis, 25 Safar 1441 / 24 Oktober 2019

Kamis, 25 Safar 1441 / 24 Oktober 2019

Hiu Paus Mati Tersangkut Jaring Nelayan di Cirebon

Jumat 20 Sep 2019 21:01 WIB

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

hiu paus sepanjang lima meter ditemukan terdampar mati di pantai Ambulu, Cirebon

CIREBON, AYOBANDUNG.COM--Seekor hiu paus (rhincodon typus) sepanjang lima meter ditemukan terdampar mati di kawasan pantai Ambulu, Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon, Jumat (20/9/2019).

Bangkai hiu paus tersebut sempat tersangkut jaring nelayan yang tengah mencari ikan. Hiu paus selebar sekitar dua meter dan berat sekitar satu ton itu menampakkan corak tutul putih.

Pasca ditemukan dalam jaring, paus tersebut kemudian dievakuasi nelayan sekitar. Temuan itu sendiri menggegerkan warga sekitar yang kemudian penasaran ingin melihatnya.

Saat pertama ditemukan, hiu paus tersebut telah mati. Warga setempat pun bermaksud menguburkannya di area pantai sekitar.

Proses evakuasi sendiri melibatkan setidaknya delapan nelayan. Mereka sempat berusaha menyelamatkan hiu paus tersebut.

"Pausnya sudah mati, kami jadi bawa ke daratan untuk dikubur di sekitar pantai," kata salah seorang nelayan, Tarlim.

Hiu paus itu pun beroleh atensi dari tim pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan yang selanjutnya berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam untuk penanganannya. Sejauh ini, belum diketahui pasti penyebab kematian hiu paus tersebut.

"Tim kami akan selidiki penyebab kematian hiu paus ini," kata salah satu dari tim pengawasan sumber daua kelautan dan perikanan, Sakti Anton.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA