Sabtu, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 Desember 2019

Sabtu, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 Desember 2019

Bupati Larang Rapat Dinas Suguhkan Air Kemasan

Sabtu 21 Sep 2019 19:37 WIB

Rep: Joglosemar/ Red: Joglosemar

Sebaliknya, para PNS diminta untuk membawa botol air minum sendiri dari rumah.

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM- Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, meminta bagian rumah tangga di semua dinas untuk mulai menanggalkan sajian air mineral kemasan setiap acara rapat. Sebaliknya, para PNS diminta untuk membawa botol air minum sendiri dari rumah.

Hal itu disampaikan Yuni saat memimpin peringatan hari bebas sampah sedunia atau world clean up day di Pemkab, Sabtu (21/9/2019). Bupati mengumpulkan semua jajaran PNS di semua dinas untuk serempak melakukan pembersihan dan memungut sampah di wilayah Pemkab.

Yuni mengatakan salah satu prioritas Pemkab adalah menekan jumlah sampah plastik. Yakni dengan menyosialisasikan kepada masyarakat yang belanja ke pasar untuk mulai membiasakan membawa tas atau keranjang sendiri dari rumah.

Hal itu dimaksudkan untuk mengurangi pembelian kantong plastik yang bisa menambah produksi sampah plastik. Selain itu, PNS di masing-masing dinas diharapkan juga ikut mendukung dengan membawa botol air minum dari rumah.

“Di setiap rapat, air mineral kemasan harus mulai ditinggalkan. Saya sudah minta bagian rumah tangga di semua dinas untuk tidak lagi menyediakan air mineral kemasan. Semua PNS harus mau itu,” paparnya kepada wartawan.

Bupati Yuni juga menyampaikan apabila semua PNS dan semua pihak berkomitmen dan konsisten menaati imbauan itu, ia meyakini secara bertahap produksi sampah plastik di Sragen bisa ditekan.

“Walaupun mungkin akan ada yang dirugikan yaitu pabrik air mineral,” ujarnya setengah berkelakar.

Yuni menambahkan gerakan pungut sampag tadi pagi merupakan bagian tanggungjawab semua elemen di Sragen untuk memeringati hari bebas sampah alias world clean up day.

“Ini gerakan serentak di seluruh dunia. Di Sragen kami menggerakkan seluruh PNS dan kelompok masyarakat untuk memungut sampah,” kata Bupati.

The post appeared first on Joglosemar News.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan joglosemarnews.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab joglosemarnews.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA