Sabtu, 20 Safar 1441 / 19 Oktober 2019

Sabtu, 20 Safar 1441 / 19 Oktober 2019

Tangkal Inflasi, JakGrosir Hadir di Kepulauan Seribu

Senin 23 Sep 2019 06:10 WIB

Rep: Riza Wahyu Pratama/ Red: Dwi Murdaningsih

Gubernur DKI Jakarta mengecek bahan pangan yang ada di JakGrosir Kepulauan Seribu. Gerai tersebut terletak di Pulau Tidung Besar, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Ahad (22/9).

Gubernur DKI Jakarta mengecek bahan pangan yang ada di JakGrosir Kepulauan Seribu. Gerai tersebut terletak di Pulau Tidung Besar, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Ahad (22/9).

Foto: Republika/Riza Wahyu Pratama
JakGrosir tidak akan menyaingi UMKM.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bertekad untuk menekan inflasi di Kepulauan Seribu. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menghadirkan gerai JakGrosir di Pulau Tidung Kecil, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

Baca Juga

Selain menekan inflasi, hadirnya gerai JakGrosir itu juga dalam rangka menyetarakan harga kebutuhan pokok di wilayah Kepulauan Seribu dengan wilayah daratan DKI Jakarta.

Salah satu bahan pangan berharga murah yang dihadirkan oleh gerai JakGrosir adalah daging ayam. Di gerai tersebut, PD Pasar Jaya menyediakan daging ayam berbobot sekitar 1,2-1,5 kg dengan harga Rp 27.500.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan menjelaskan, pihaknya menyadari adanya kesenjangan harga antara kebutuhan pokok di Kepulauan Seribu dengan harga kebutuhan pokok di daratan DKI Jakarta. Salah satu faktornya adalah karena mahalnya ongkos kirim, Ahad (22/9).

JakGrosir dikelola oleh PD (Perusahaan Daerah) Pasar Jaya DKI Jakarta. Dengan hadirnya gerai tersebut, harga kebutuhan pokok di Kepulauan Seribu dapat disetarakan dengan harga kebutuhan pokok di wilayah daratan DKI Jakarta, lantaran ongkos kirim kebutuhan pokok akan ditanggung oleh PD Pasar Jaya.

"Dengan cara seperti ini nantinya para pedagang kecil maupun yang di warung mereka bisa membeli di sini dan menjual ke masyarakat. Ini tidak untuk masyarakat langsung tetapi untuk para pedagang yang menjual ke warung-warung dan juga para pemegang kartu KJP," kata Anies seusai meresmikan Jakgrosir di Pulau Tidung Kecil.

Anis menambahkan, batasan tersebut ditujukan untuk memastikan bahwa keberadaan JakGrosir bukanlah gerai pesaing UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Kepulauan Seribu, melainkan sebagai penyuplai yang membantu menstabilkan harga kebutuhan pokok.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA