Sunday, 5 Sya'ban 1441 / 29 March 2020

Sunday, 5 Sya'ban 1441 / 29 March 2020

Krowrier Adopsi Crowdsourcing, Bidik Pengguna Transportasi

Sabtu 21 Sep 2019 11:00 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Krowrier Adopsi Crowdsourcing, Mitranya Pengguna KLR-TransJakarta. (FOTO: Krowrier)

Krowrier Adopsi Crowdsourcing, Mitranya Pengguna KLR-TransJakarta. (FOTO: Krowrier)

Aplikasi ini melayani pengiriman pada hari yang sama dengan harga flat

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

PT Krowrier Logistik Indonesia meluncurkan layanan dalam bentuk aplikasi bernama Krowrier. Aplikasi ini melayani pengiriman pada hari yang sama (same day) dengan harga flat Rp19.000 untuk pengiriman paket di seluruh wilayah Jabodetabek.

Uniknya, Krowrier memberdayakan masyarakat (crowd) pengguna transportasi publik seperti KRL, MRT, TransJakarta, dan LRT sebagai mitranya.

Davyn Sudirdjo, Co-Founder Krowrier, mengatakan, "Dengan metode crowdsourcing, Krowrier ingin menciptakan suatu terobosan di bidang logistik yang ramah lingkungan sekaligus menambah value bagi pengguna transportasi publik, khususnya pengguna KRL."

Baca Juga: Darmin Minta Kemenhub Kembangkan Transportasi Logistik

Metode crowdsourcing, menurut Davyn, memberikan peluang bagi siapa pun untuk memiliki penghasilan tambahan. Dalam proses pengiriman paket, Krowrier melibatkan masyarakat untuk terlibat sebagai feeder, drop point, dan courier. Masing-masing memiliki kontribusi dan mendapatkan rewards tersendiri.

"Partner mitra kami akan mendapatkan komisi berupa saldo yang bisa dicairkan kapan saja dari setiap pengiriman paket yang dilakukan," imbuh Mahasiswa S1 Stanford University, Amerika Serikat.

Saat ini Krowrier sudah bisa diunduh di sistem operasi Android. Sementara sistem operasi iOS akan mulai dioperasikan dalam waktu satu bulan ke depan.

Jasa pengiriman Krowrier saat ini baru beroperasi untuk rute Depok-Manggarai. Ke depannya, area layanan akan diperluas hingga seluruh rute KRL/Commuter Line Jabodetabek.

"Krowrier sudah dioperasikan per Mei 2019. Kami menargetkan semua rute KRL, MRT, TransJakarta, Railink, dan LRT tersedia layanan Krowrier pada kuartal IV," ungkap CEO Krowrier, Said Romadlon, dalam keterangannya, Jumat (20/9/2019).

Tak berenti di wilayah Jabodetabek, perusahaan rintisan ini pun telah memasang target untuk berekspansi ke rute-rute kereta dan bus antarprovinsi di seluruh wilayah Indonesia di 2020. Bahkan, mimpi besarnya ialah menembus pasar Asia dalam kurun waktu dua tahun ke depan.

"Duplikasi di semua kawasan Asia menjadi target kami di 2021," beber Said.

Baca Juga: Speed Dating, Ajang Investor dan VC Lirik-lirik Startup

Krowrier pun menargetkan akan segera memperluas kesempatan menjadi partner bagi pengguna transportasi umum lain, seperti MRT, TransJakarta, Railink, dan LRT.

"Krowrier memberikan alternatif bagi masyarakat yang ingin mengirimkan barang secara cepat, aman, dan tentunya #Jauhdekatsamamurahnya. Daerah tujuan yang berjarak lebih dari 25 km tetap dapat dijangkau dengan biaya hanya Rp19.000," tutup Said.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA