Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Vaksinasi Hewan Peliharaan Wajib Dilakukan Minimal Setahun Sekali

Senin 23 Sep 2019 15:35 WIB

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

 Vaksinasi hewan peliharaan

Vaksinasi hewan peliharaan

Vaksinasi perlu dilakukan untuk menekan angka penularan rabies.

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM -- Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kabupaten Tasikmalaya Heri Sogiri menuturkan pemberian vaksin rabies terhadap hewan peliharaan wajib dilakukan minimal satu tahun sekali. Menurut dia, vaksinasi perlu dilakukan untuk menekan angka penularan rabies.

"Jadi vaksinasi itu harus rutin dilakukan setahun sekali, kita menekan angka penularan rabies terutama dari hewan kepada manusia," kata Heri, Senin (23/9/2019).

Meskipun sejauh ini belum ada kasus manusia yang terpapar penyakit Rabies, Heri menuturkan, vaksinasi terhadap hewan penular rabies harus dilakukan secara rutin. Ia menegaskan, virus rabies sangat mematikan jika menjangkiti manusia.

AYO BACA : Akibat Gigitan Anjing, Wanita Ini Mati Terkena Rabies

"Jadi setahun sekali harus dilakukan vaksinasi. Karena meski hewan peliharaan, bukan tidak mungkin memiliki virus rabies," kata Heri.

Penularan rabies, kata Heri, bisa melalui gigitan dan air liur hewan yang terjangkit. Masyarakat yang digigit hewan rabies bisa melakukan vaksinasi di puskesmas terdekat.

"Kalau misalkan, ada yang digigit oleh hewan yang memiliki penyakit rabies, bisa langsung divaksin ke Puskesmas, dan itu gratis tidak dipungut biaya," jelasnya.

AYO BACA : Berharap Hujan Segera Turun, Warga Tasik Gelar Salat Istisqa

Dalam memperingati Hari Rabies Sedunia yang jatuh setiap 28 September, Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kabupaten Tasikmalaya menggelar Vaksinasi Rabies Gratis, Senin (23/9/2019). Vaksinasi diberikan kepada hewan penular rabies di antaranya anjing, kucing, monyet, dan musang.

Gelaran vaksinasi rabies gratis ini disambut antusias masyarakat yang kebetulan memelihara hewan penular rabies. Selain pemberian vaksin, juga dilakukan pengecekan kesehatan hewan.

Pencinta hewan, Jakolina (48), warga Kecamatan Singaparna mengaku selalu melakukan pemeriksaan hewan peliharaannya termasuk memberikan vaksi rabies. Hal ini untuk menghindari penyebaran rabies dari hewan kepada manusia.

"Kalau saya rutin tiap tahun vaksin, rutin juga pemeriksaan tiap minggu. Alhamdulilah sekarang di sini ada vaksin gratis," ujar Jakolina.

AYO BACA : Berobat ke Puskesmas, Warga Tasik Dapat Obat Kedaluwarsa

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA